Sukses

82 Napi Lapas Kerobokan Dapat Remisi Natal

Jumlah narapidana di lapas terbesar di Denpasar, Bali saat ini mencapai 975 orang, sudah melebihi kapasitas.

Liputan6.com, Denpasar - Sebanyak 82 narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II-A Denpasar di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali, menerima kado Natal. Mereka memperoleh remisi atau pengurangan masa tahanan serangkaian Hari Raya Natal.

"Kami usulkan 91 orang mendapatkan remisi, tetapi baru 82 orang yang surat keputusannya sudah turun," kata pelaksana harian Kepala Lapas Kerobokan, Kusbiyantoro di Kerobokan, Kabupaten Badung, Bali seperti dikutip dari Antara, Jumat (25/12/2015).

Sedangkan 9 orang di antaranya surat keputusannya belum turun karena masih menunggu terkait PP Nomor 99 tahun 2012. Peraturan tersebut menyangkut pengetatan pemberian remisi bagi narapidana dan tahanan yang terjerat kasus terorisme, illegal logging, korupsi, narkoba, dan kejahatan lintas negara yang dianggap sebagai justice collabolator.

Menurut dia, pemberian remisi itu bervariasi mulai 15 hari hingga 1 bulan 15 hari. Tidak hanya kepada narapidana WNI yang beragama Kristen, napi warga negara asing yang beragama Kristen juga diberikan remisi yakni sebanyak 14 orang. Sebanyak 6 di antara 14 WNA itu, surat keputusannya dari pusat belum turun karena terkait PP Nomor 99 tahun 2012

Narapidana asing yang mendapatkan remisi itu di antaranya pasangan pembunuh ibu kandung dari Amerika Serikat yakni Tommy Schaefer dan Heather Lois Mack yang mendapatkan 1 bulan pengurangan masa tahanan.

Penyerahan remisi tersebut dilaksanakan di aula lapas setempat usai menjalankan misa Natal yang berlangsung lancar dan khidmat.

Jumlah narapidana di lapas terbesar di Denpasar itu saat ini mencapai 975 orang, sudah melebihi kapasitas sebanyak 652 dari kapasitas seharusnya 323 orang. Dari 975 narapidana dan tahanan itu, 160 orang di antaranya beragama Kristen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.