Sukses

Top 3: 4 Fenomena Menakjubkan di Indonesia

Sejumlah fenomena alam yang elok sepanjang 2015 terangkum dalam '4 Fenomena Menakjubkan di Indonesia'. Berita ini terpopuler Kamis kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah fenomena alam menakjubkan terjadi di Indonesia sepanjang 2015. Mulai puluhan ribu burung migran hingga gerhana bulan mewarnai langit Indonesia sepanjang tahun ini.

Kabar yang terangkum dalam '4 Fenomena Menakjubkan di Indonesia'  itu menjadi berita yang paling disorot pembaca Liputan6.com sepanjang Kamis sore hingga malam 24 Desember kemarin.

Selain itu, berita tentang skandal pengawal Obama dan perseteruan ibu muda dari Koja dengan Ahok juga turut menyita perhatian pembaca.

Berikut berita terpopuler yang terangkum dalam Top News:

1. 4 Fenomena Menakjubkan di Indonesia


Fenomena alam Supermoon terlihat di atas langit Brighton, Inggris, Minggu (27/9). Gerhana Bulan Supermoon (Bulan merah darah) kembali menampakkan keindahannya setelah 18 tahun tidak terjadi. (REUTERS/Toby Melville)

November 2015, puluhan ribu burung migrasi melintasi dan singgah di Indonesia termasuk Yogyakarta. Dari jalak China, layang layang Asia, elang, alap alap kawah, dan burung hantu.

Mereka menyebar hingga ke Pantai Trisik, Hutan Merapi, Nglanggeran, dan bukit Menoreh Kulonprogo. Fenomena alam ini begitu dinanti.

Burung-burung ini migrasi dari Siberia, Mongolia China, Jepang, dan Australia. Indonesia menjadi rute besar Asia Timur atau Australasia (Asia Pasifik). Ini merupakan jalur terbang dunia, salah satunya dari kutub sampai Australia, sementara Indonesia berada di tengah jalur itu.

Tak cuma migrasi burung dunia, sejumlah fenomena alam lainnya turut mewarnai sepanjang 2015. Sebut saja gerhana bulan total.

Selengkapnya..

2.Dari Mabuk hingga PSK: 4 Skandal Memalukan Pengawal Obama


3 Petugas yang ditugaskan melindungi Barack Obama dalam kunjungan ke ajang KTT G7 di Belanda dikirim pulang. Memalukan.
Insiden memalukan dan konyol kembali terjadi pada pengawal Obama atau Secret Service Agent. Pada hari Senin 21 Desember 2015, seorang agen berlencana nomor 1266 kehilangan barang-barang penting, termasuk lencana, pistol, dan USB di mobilnya.

Konyolnya, mobil dinas itu terparkir tak jauh dari markas mereka. Ia baru tersadar ketika menyadari kaca belakangnya terbuka saat mengembalikan mobil ke kantor dan mendapati tas berisi barang-barang penting itu hilang. Kejadian itu berlangsung di tengah hari bolong.


Kendati berkilah bahwa kehilangan itu tidak membahayakan agen, namun tetap saja nama mereka tercoreng. Bukan kali pertama pasukan elit itu kehilangan muka. Diawali dengan gagalnya melindungi presiden John F Kennedy dari tembakan mematikan, hingga di masa pemerintahan Obama yang bertingkah memalukan.

Selengkapnya..

3. 4 Buntut Seteru Ahok Vs Ibu Muda di Koja


Warga Koa Yusri Isnaeni melaporkan Ahok ke polisi (Nafiysul Qodar/Liputan6.com)

Yusri dan Ahok sama-sama memendam rasa kesal. Si ibu muda dari Koja, Jakarta Utara kesal dan terhina lantaran disebut maling Kartu Jakarta Pintar (KJP). Sementara Gubernur DKI Jakarta itu kesal program KJP disalahgunakan.

Yusri disebut maling oleh Ahok ‎saat menanyakan soal KJP anaknya yang dipersulit penggunaannya dengan alasan sistem offline. Ibu 2 anak itu juga mengadu ke Ahok lantaran dana KJP milik anaknya dipotong 10 persen oleh pihak toko saat dicairkan. Lantaran KJP dicairkan secara tunai, Ahok menyebut Yusri maling di muka umum.

Sementara saat ini sistem pemanfaatan KJP sudah otomatis di toko dengan cara menempelkan kartu. Tak ada yang manual melalui tarik tunai di anjungan tunai mandiri (ATM), sehingga celah kecurangan oknum orangtua pemegang KJP semakin sempit.

Selengkapnya..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.