Sukses

Tren Berubah, Puncak Lonjakan Penumpang Bandara Soetta H-3 Natal

Di Terminal Keberangkatan 1B, para penumpang terlihat ramai bila dibanding hari biasa.

Liputan6.com, Tangerang - Penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno Hatta terlihat ramai. Namun, lonjakan penumpang sebenarnya sudah terjadi sejak H-3 perayaan Natal.
 
Seperti pantauan di Terminal Keberangkatan 1B, para penumpang terlihat ramai bila dibanding hari biasa. Mereka tengah menunggu di depan pintu masuk.

Senior Manager Terminal 1 Bandara Soekarno Hatta Syaiful Bahri menyatakan, untuk hari ini penumpang memang ramai, namun jumlahnya menurun dibanding tahun lalu.

Puncak arus mudik libur Natal dan Tahun Baru sudah lewat, terjadi pada H-3 atau Selasa 22 Desember kemarin.

"Trennya berubah, kalau tahun lalu puncaknya pada H-4, tapi tahun ini pada H-3," kata Syaiful, Kamis 24 Desember 2015.

Menurutnya, jumlah penumpang berangkat dan tiba untuk penerbangan domestik dan internasional dari 3 terminal di Bandara Soekarno Hatta mencapai 195.755 orang. Jumlah tersebut meningkat 5,88 persen dibanding tahun 2014 yang mencapai 184.889 orang.


Jumlah penumpang pun menurun pada H-2, Rabu 23 Desember, yang tercatat sekitar 175.079 orang. Jika dibanding tahun lalu, jumlah tersebut juga menurun sekitar 5,91 persen dengan jumlah penumpang 186.068 orang.

“Kemungkinan masyarakat banyak memilih berangkat pada H-3 Natal setelah pulang kerja, untuk menghindari lonjakan penumpang. Sedangkan menurunnya jumlah penumpang mungkin dikarenakan masyarakat memilih alternatif lain untuk berangkat ke kota tujuan,” kata dia.

Sementara untuk data penumpang Kamis, jumlah penumpang dari penerbangan domestik dan internasional baru mencapai 50.787 orang dengan jumlah pergerakan pesawat 330 flight.

“Angka ini masih terus naik, kita pantau terus sampai tengah malam. Untuk data tahun 2014 pada h-1 natal jumlah penumpang mencapai 190.156 orang dan 129 flight,” jelas Syaiful

Syaiful menambahkan, untuk ekstra flight yang disediakan hari ini mencapai 30 penerbangan, di antaranya 22 penerbangan domestik dan 8 penerbangan Internasional.

Sedangkan kota favorit yang menjadi tujuan penumpang untuk libur Natal dan Tahun Baru diantaranya Surabaya, Makasar, Kualanamu, Balik Papan, dan Pekan Baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini