Sukses

Kendaraan Mengular 5 KM Menuju Merak, Jalanan Jadi Kantong Parkir

Kepadatan kendaraan di Pelabuhan Merak, Cilegon, diperkirakan semakin tinggi setelah Natal.

Liputan6.com, Cilegon - Menjelang pergantian tahun, banyak orang memanfaatkan waktu untuk berlibur ataupun pulang ke daerah asal. Alhasil, kemacetan mendominasi di berbagai jalan tol ataupun pelabuhan penyeberangan seperti terlihat di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Kendati saat ini antrean kendaraan memadati Merak, puncak kepadatan penumpang di pelabuhan penyeberangan Selat Sunda tersebut diprediksi bakal terjadi pada 26-27 Desember mendatang.

"Akhir pekan ini akan menjadi puncaknya arus penyeberangan, karena diperkirakan kepadatan semakin tinggi setelah hari Natal," ucap General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga, di Cilegon, Kamis (24/12/2015).

Antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Bahkan, semakin mendekati pergantian tahun, diperkirakan jumlah penumpang kapal di Pelabuhan Merak akan semakin membludak. "Pengguna jasa (feri) juga banyak yang mengejar momen akhir tahun untuk menyongsong Tahun Baru 2016," imbuh Yanus.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, antrean atau kemacetan menuju Pelabuhan Merak, mencapai 5 kilometer dan jalur Cikuasa Atas dijadikan kantong parkir. Karena kantong parkir di dalam Pelabuhan Merak dari 5 dermaga, sudah dipadati oleh kendaraan bermotor yang didominasi kendaraan pribadi.

Dibanding saat Natal dan Tahun Baru 2014 lalu, jumlah penumpang mengalami kenaikan sekitar 12%.

Bahkan karena tak cukup, rekayasa lalu lintas pun dilakukan. Bagi kendaraan pribadi yang akan menuju Pelabuhan Merak, dipindah melalui jalur Cikuasa Bawah, sedangkan kendaraan bus dan truk ditampung di Jalan Cikuasa Atas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini