Sukses

Basarnas: Korban Karam KM Marina, 40 Orang Selamat dan 7 Tewas

Berdasarkan data Basarnas, KM Marina Baru membawa 108 penumpang. Terdiri dari 94 orang dewasa dan 14 anak.

Liputan6.com, Jakarta - Upaya pencarian korban karamnya Kapal Motor (KM) Marina Baru 2B terus berlangsung. Badan SAR Nasional (Basarnas) menyatakan, pihaknya sejauh ini menyelamatkan 47 penumpang kapal yang tenggelam di perairan Siwa, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu pekan lalu.

Menurut Kabasarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo, 47 penumpang yang ditemukan tersebut, hanya 40 orang yang berhasil selamat.

"Sampai hari ini, sudah ditemukan 47 penumpang. Namun hanya 40 orang ditemukan selamat, sedangkan 7 orang meninggal dunia," ucap Soelistyo di Jakarta, Rabu (23/12/2015).

Sebagian dari 40 orang yang selamat adalah anak buah kapal (ABK). "Ada 4 orang ABK yang selamat dari 47 penumpang yang kita temukan," ungkap dia.

Untuk mempermudah laporan terhadap pencarian, imbuh Soelistyo, Basarnas menempatkan 2 pos evakuasi yang disiagakan dalam proses pencarian penumpang.

"Ada 2 pos yang disiagakan dalam pencarian penumpang kapal KM Marina. Letaknya di Siwa dan Kolaka Utara," ujar dia.

Kabasarnas menambahkan, korban yang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia, nantinya akan dibawa ke pos evakuasi di Siwa. Sebab, sarana dan prasarana di pos evakuasi di pos tersebut lebih lengkap.

"Korban meninggal dunia, prioritas dibawa ke pos di Siwa. Di sana (Siwa) sarana dan prasarana lengkap. Misalnya, di Siwa, Rumah Sakit (RS) Siwa, mereka sudah siap prosedur dan proses menyiapkan ruangan. Tim DVI Polri, juga ada di situ. Sehingga, saya tentukan dibawa ke Siwa," pungkas dia.

KM Marina Baru hilang kontak 14 mil dari Kabupaten Wajo pada Sabtu, 19 Desember 2015, sekitar pukul 14.50 Wita. Selanjutnya, karamnya KM Marina diketahui pada Senin, 21 Desember 2015 sekitar pukul 21.45 Wita. Saat itu, informasi awal diberikan Syahbandar Palopo, Sulsel, Ridwan.

Sebelumnya, KM Marina berlayar dari Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Utara menuju Pelabuhan Siwa, Wajo, Sulawesi Selatan. Namun, kapal tersebut dihantam badai dan ombak, sehingga mengalami kebocoran pada bak mesin yang akhirnya membuat kapal itu karam di perairan Siwa, Sulawesi Selatan pada Sabtu, 19 Desember 2015.

Berdasarkan data Basarnas, KM Marina Baru membawa 108 penumpang. Terdiri dari 94 orang dewasa dan 14 anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini