Sukses

TNI AU: Pilot T-50i Golden Eagle Sudah Berlatih Setiap Saat

Selain mempersiapkan lokasi acara dan armada pesawat tempur yang dipamerkan, para pilot yang akan beratraksi juga telah dilatih dengan ketat

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama, Dwi Badarmanto mengatakan, ‎Pesawat T-50i Golden Eagle milik TNI AU yang jatuh saat tengah beratraksi di gelaran Gebyar Dirgantara AAU, Yogyakarta sebagai musibah yang sangat tidak diinginkan.

"Insiden ini jelas tidak kita inginkan‎ karena acara Gebyar itu sudah direncanakan dan dipersiapkan lama," ujar Dwi, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu, (20/12/2015). ‎

Selain mempersiapkan lokasi acara dan armada pesawat tempur yang dipamerkan, para pilot yang akan beratraksi juga telah mengikuti latihan yang cukup ketat.



"Para penerbang telah dilatih setiap saat. Hari Jumat, pesawat dan semua yang terlibat sudah berkumpul di Yogyakarta dan kemarin mereka sudah melakukan atraksi dan sukses," papar Dwi. ‎

Terakhir, kata Dwi, para penerbang, termasuk dua pilot yang gugur dalam pesawat tempur yang jatuh, yaitu Pilot Letkol Pnb Marda Sarjono dan Kapten Pnb Dwi Cahyadi sudah melakukan latihan pada hari sabtu dan berlangsung baik tanpa ada insiden apapun.

"Kemudian kemarin, hari Sabtu, atraksi dan demo sudah dilakukan sebaik-baiknya. Kita pastikan aman. Tapi itulah musibah," pungkas Dwi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.