Sukses

Gunung Kerinci dalam Status Waspada

Status waspada didasarkan pada aktivitas kegempaan yang cenderung meningkat.

Liputan6.com, Jambi - Gunung Kerinci di Provinsi Jambi kini dalam status Waspada. Status tersebut didasarkan pada aktivitas kegempaan yang cenderung meningkat.

Menurut Kepala Pos Pengamatan Gunung Kerinci, Indra Saputra, gunung api tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3.805 Mdpl itu berstatus waspada sejak November 2015.

"Statusnya waspada level 2," ujar Indra di Jambi, Sabtu (19/12/2015).

Menurut Indra, berdasarkan pantauan pesawat seismograf Radio Telemetry System (RTS) selama November 2015 tercatat gempa embusan (Hbs) sebanyak 4.131 kali. Gempa vulkanik dalam (VA) 2 kali,  gempa vulkanik dangkal (VB) 62 kali, gempa tektonik jauh (TJ)18 kali, dan gempa tektonik lokal (TL) 1 kali.

Berdasarkan data-data yang telah diperoleh, baik pengamatan secara visual maupun seismik (kegempaan), secara instrumentasi yang tercatat pada seismograf Gunung Kerinci, jumlah gempa embusan dan gempa vulkanik meningkat sejak Oktober 2015.

"Dari hasil pengamatan itulah, Gunung Api Kerinci saat ini berstatus Waspada," kata dia.

Indra menambahkan, pihaknya akan terus memantau situasi Gunung Kerinci. Kawah sebagai pusat letusan dan sewaktu-waktu bisa terjadi letusan serta terdapat gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan bagi kehidupan. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.