Sukses

Khamenei Merestui Ahmadinejad

Pemimpin spiritual Iran, Ayatullah Ali Khamenei, telah menerima secara resmi masa jabatan kedua Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden Iran. Ia juga berharap agar protes terkait hasil pemilu tanggal 12 Juni lalu bisa segera dihentikan.

Liputan6.com, Teheran: Pemimpin spiritual Iran, Ayatullah Ali Khamenei, telah menerima secara resmi masa jabatan kedua Mahmoud Ahmadinejad sebagai presiden Iran, Senin (3/8). Persetujuannya itu menyusul pemilu yang ricuh setelah pemimpin kubu reformis, Mir Hossein Mousavi menuduh adanya kecurangan saat pemilihan umum 12 Juni lalu.

Upacara resminya sudah dilangsungkan. Ahmadinejad juga sudah menerima kemenangannya sebagai presiden. Dalam siaran televisi nasional Iran, Khamenei berharap pula agar protes terkait hasil pemilu yang sudah menewaskan 20 orang selama ini bisa dihentikan.

Namun, pesaing Ahmadinejad yang menjadi kandidat presiden yang kalah, Mir Hossein Mousavi bersama Mehdi Karoubi menyatakan jika pemerintahan Ahmadinejad tidaklah sah. Sebaliknya, kalangan pejabat pemerintahan Iran menyangkal adanya kecurangan dalam pemilu lalu. Adapun hasil pemilu menunjukkan, suara Ahmadinejad unggul 63 persen dari sekitar 40 juta pemilih. Sedangkan Mousavi hanya meraih 34 persen suara.

Rencananya, Rabu nanti, Ahmadinejad akan diambil sumpahnya oleh Parlemen. Setelah itu, hanya tersisa waktu dua pekan bagi Presiden Ahmadinejad untuk membentuk kabinetnya.(ANS/Reuters)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.