Sukses

Penyeberang di Merak Diprediksi Naik 8 Persen saat Natal

49 kapal Ro-Ro (Roll On-Roll Off) disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut.

Liputan6.com, Cilegon - PT Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) memprediksi pengguna layanan penyeberangan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten akan meningkat jelang libur Natal dan tahun baru. Peningkatan jumlah penumpang diprediksi mencapai 8 persen.

"Melihat dari kalender, memang saat ini bertepatan tanggal 19 liburan sekolah, dan tanggal 25-nya Natal. Tanggal 1-nya hari Jumat," kata Manajer Operasional ASDP, Nana Sutisna, di Cilegon, Banten, Kamis (17/12/2015).

Sebanyak 49 kapal Ro-Ro (Roll On-Roll Off) disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut. Ini untuk mencegah terjadi antrian yang panjang hingga mengular ke luar Pelabuhan Merak.

"ASDP tidak membedakan antara angkutan Lebaran Idul Fitri, maupun Natal, tahun baru. Kita siapkan semua fasilitas selalu ready," terang Nana.

Baca Juga

    Menurut dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pelindo untuk mengantisipasi adanya kapal gagal sandar atau susah sandar. Terlebih cuaca di perairan Selat Sunda sedang buruk. Untuk itu, Pelindo telah menyiapkan 6 unit tagboot.

    "Waktu tempuh (pelabuhan) Merak-Bakahuni atau sebaliknya paling lama 2 jam. Walaupun kapal agak goyang sedikit, namun kita pastikan tidak ada keterlambatan," tegas Nana.

    * Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.