Sukses

17-12-1903: Penerbangan Pesawat Pertama di Dunia

Pesawat Wright Flyer dikemudikan oleh Orville, mengangkasa selama 12 detik.

Liputan6.com, Kitty Hawk -- Hari ini 112 tahun silam, 2 bersaudara Orville dan Wilbur Wright melakukan penerbangan udara pertama menggunakan pesawat terbang bermesin -- yang lebih berat daripada udara. Mereka berangkat dari lahan kosong yang berada di dekat Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat.

17 Desember 1903 pukul 10.35 pagi (22.35 WIB), dalam cuaca dingin yang mendung, Wright Bersaudara menerbangkan pesawat udara berkendali. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan pesawat yang pertama dalam sejarah.

Kapal terbang itu mengudara 4 mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk. Pesawat bernama Wright Flyer yang dikemudikan oleh Orville itu mengangkasa selama 12 detik.

Kemudian pesawat tersebut terbang rendah setelah mencapai ketinggian 37 meter dari tanah.

Pesawat tersebut pada awalnya dinamai Wright Flyer, tetapi sekarang lebih populer dengan nama 'Kitty Hawk'. Pesawat Flyer yang asli kini terdapat di National Air and Space Museum di Washington DC.

2 bersaudara itu mulai mempelajari masalah penerbangan pada tahun 1889. Mereka mulai membuat 3 pesawat terbang layang bersayap kembar.

Ketiganya mengetes kapal terbang buatannya di Kitty Hawk. Pesawat yang ketiga telah diujinya sebanyak 1.000 kali penerbangan dan ternyata berhasil dengan sukses.

Kemudian mereka membuat mesin motor ringan yang kemudian di pasang di pesawat keempat, yang dinamakannya Wright Flyer -- yang akhirnya membuat mereka menjadi penerbang pertama pesawat di dunia.

Sementara itu, pada tanggal yang sama tahun 1989 tercatat sebagai momen saat Brasil mengadakan pemilu bebas pertamanya dalam 25 tahun.

Sedangkan pada 17 Desember 1942 tercatat sebagai hari kematian aktivis Indonesia Soe Hok Gie, yang terkenal dengan karya berjudul 'Catatan Seorang Demonstran'.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini