Sukses

Djarum Foundation Tanami Kembali Lahan Terbakar di Ijen

Djarum Foundation menanam 6.666 bibit pohon cemara gunung di Gunung Ijen.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa waktu lalu terjadi kebakaran yang cukup besar di beberapa titik lokasi di Wisata Alam Ijen. Beberapa akibat ulah manusia, yang lain akibat musim kemarau yang panjang sehingga memicu kebakaran.

Mengetahui hal ini, Bakti Lingkungan Djarum Foundation yang tengah menjalankan program Djarum Tree For Life bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melakukan penanaman 6.666 bibit pohon cemara gunung di area gunung Ijen yang terbakar.

Chairman Djarum Foundation, Suwarno M. Serad mengatakan bahwa penanaman pohon atau konservasi alam sangat penting dilakukan untuk mengembalikan fungsi hutan.

"Hutan dan pohon ibarat anak cucu di masa depan, tanpa hutan tidak mungkin kehidupan dapat berlangsung dengan baik," ujar Suwarno di Lapangan Paltuding Area Taman Wisata Alam Ijen, Banyuwangi pada Rabu, (16/12).

Suwarno juga menjelaskan gunung Ijen termasuk kawasan Cagar Alam sehingga patut mendapat perhatian.

"Sebagai kawasan hutan lindung dan kawasan taman wisata maka kami membantu dengan tanaman. Tanaman yang dipilih adalah pilihan mereka (BKSDA) cemara gunung. Kita menanam 6.666 cemara gunung. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan, dalam hal ini diserahkan pada BKSD yang bertanggung jawab," kata Suwarno.

Atas sumbangsih dari Djarum Foundation ini, Kepala Bidang KSDA Wilayah III, Jawa Timur, Sunandar Trigunajasa menegaskan bahwa hari Rabu (16/13) menjadi langkah awal untuk pemulihan ekosistem di Kawasan Cagar Alam Kawah Ijen.

"Setelah kebakaran hutan besar yang terjadi tahun 1997, recoveri atau penanaman pohon berjalan lambat. Dengan bantuan Djarum Foundation diharapan pemulihan ekosistem bisa segera dilaksanakan. Oleh karena itu pencanangan pemulihan Ekosistem di kawasan Cagar Alam Kawah Ijen telah dimulai," ujar Sunandar.

Kerjasama dan penyerahan bantuan bibit secara simbolis juga dituangkan dalam prasasti dan tanda tangan MOU yang disaksikan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat peduli lingkungan. Turut hadir pula group band The Virgin, Dara dan Mitha dalam acara tersebut. Setelah penandatanganan selesai, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon cemara gunung di lokasi yang terbakar.

Djarum Foundation menanam 6.666 bibit pohon cemara gunung di Gunung Ijen.

Penanaman pohon cemara yang dilakukan Bakti Lingkungan Djarum Foundation bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam merupakan salah satu rangkaian acara dari program Djarum Trees For Life "Menanam Trembesi 1.350 KM Merak - Banyuwang" yang telah mencapai puncaknya di Kota Banyuwangi di penghujung tahun 2015 ini.

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini