Sukses

Bromo Kembali Bergemuruh Pagi Ini

Masih terdengar gemuruh dari dalam kawah Gunung Bromo hingga tadi pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Gunung Bromo masih menyemburkan abu vulkanik hingga pagi ini. Awan panas membumbung sekitar 1.250 meter dari puncak kawah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan ini berdasarkan data yang diperolehnya pukul 06.20 WIB.

"Asap dan abu vulkanik Gunung Bromo makin tebal dan gelap. Tinggi 1.250 meter dari puncak kawah," tulis Sutopo dalam akun Twitternya, @Sutopo_BNPB, Jakarta, Selasa (16/12/2015).

Ada kemungkinan abu vulkanik terus menyembur sepanjang hari ini, sebab masih terdengar suara gemuruh.

"Abu vulkanik terus membumbung ke angkasa dari kawah Gunung Bromo. Suara bergemuruh 16-12-2015, 06.20 WIB," info dari Sutopo.

Sementara itu, untuk persiapan penanganan erupsi gunung dengan tinggi 2.329 mdpl tersebut, BNPB telah membangun posko lapangan di Probolinggo, Jawa Timur.

Kemarin, Bandara Abdurahman Saleh di Malang, Jawa Timur, ditutup lagi lantaran aktivitas vulkanik Gunung Bromo. Penutupan yang terjadi sejak pagi ini berlaku hingga Rabu 16 Desember 2015.
 
"Alasannya sama, karena aktivitas Gunung Bromo. Besok pagi kita evaluasi lagi apakah dibuka atau tetap ditutup sementara," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bandara Abdurahman Saleh Malang, Suharno di Malang, Selasa 15 Desember 2015. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.