Sukses

Konjen RI di Jeddah Bantah Memeras TKI

Sebagian TKI yang tinggal di kolong jembatan Jeddah, Arab Saudi, mengaku diperlakukan buruk oleh majikannya. Konjen RI di Jeddah membantah ada stafnya yang terlibat dalam pemerasan terhadap sejumlah TKI.

Liputan6.com, Jeddah: Ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tinggal di kolong jembatan Kandarah, Jeddah, Arab Saudi, hidup seperti tunawisma. Mereka hanya menunggu belas kasihan para penderma yang setiap saat datang dengan kendaraan pengantar. Seperti telah diberitakan sebelumnya, ratusan TKI ilegal ini hidup telantar dengan menghuni kolong jembatan tol tanpa alas tidur dan tenda yang layak. Sabtu (1/8), mereka masih menunggu proses deportasi ke Tanah Air [baca: TKI Ilegal Hidup di Kolong Jembatan].

Para TKI ini mengaku sengaja dibuang majikannya ke tempat tersebut karena menolak dipindah kerja ke tempat lain. Namun, di antara mereka ada juga yang mengaku diperas oleh seseorang yang mengaku staf Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah. Tapi tuduhan ini dibantah Gatot Abdullah Mansyur, Konjen RI di Jeddah. Menurut Gatot, kemungkinan tindakan itu dilakukan oleh oknum. Jika ada staf KJRI yang melakukan hal tersebut, Gatot mempersilakan pada TKI untuk melaporkannya. "Saya pernah memecat seseorang yang terlibat ini," kata Gatot. Simak selengkapnya dalam video berita ini.(IAN/LUC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.