Sukses

AS Peringatkan ISIS Punya Kemampuan Cetak Paspor Palsu Suriah

ISIS memiliki akses ke mesin-mesin pencetak paspor Suriah, paspor-paspor kosong dan data biografi otentik warga negara Suriah.

Liputan6.com, Washington - Pemerintah Amerika mengeluarkan sebuah peringatan baru bahwa kelompok militan ISIS kemungkinan memiliki kemampuan membuat paspor palsu Suriah yang semakin mirip dengan yang sesungguhnya. Hal ini memunculkan kekhawatiran bahwa para ekstremis kemungkinan bisa menyusup masuk ke Barat.

Sebuah laporan dari Badan Imigrasi dan Bea Cukai Amerika menyebutkan, ISIS memiliki akses ke mesin-mesin pencetak paspor Suriah, paspor-paspor kosong dan data biografi otentik warga negara Suriah.

Laporan yang sebagian dipublikasikan CNN, Sabtu 12 Desember 2015, disampaikan ke badan-badan penegak hukum AS, yang semakin mengkhawatirkan keamanan perbatasan menyusul beberapa serangan teroris terkait ISIS baru-baru ini.

Menurut ABC News, laporan itu mengingatkan bahwa mungkin saja ada orang-orang dari Suriah dengan paspor yang dikeluarkan di kota-kota yang dikontrol ISIS, atau dengan paspor baru yang masih kosong, bepergian ke AS.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS John Kirby mengatakan, pihak berwenang menanggapi secara serius ancaman itu dan para petugas konsuler terlatih untuk mendeteksi dokumen-dokumen palsu.

Banyak legislator di AS khawatir sejumlah ekstremis kemungkinan akan menyusup ke AS dengan berpura-pura sebagai pengungsi yang berusaha menghindari kekerasan di Suriah. Mereka keberatan dengan rencana Gedung Putih yang akan mengizinkan 10 ribu pengungsi Suriah memasuki AS.

Kecemasan meningkat setelah diketahui bahwa sedikitnya salah satu militan yang terlibat dalam serangan di Paris menyusup masuk ke Eropa melalui arus pengungsi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini