TKI di Kolong Jembatan, Depag Diminta Membantu

  • Internasional
  • 0
  • 30 Jul 2009 13:36

090730btki.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) masih bertahan di kolong jembatan, di Kota Jeddah, Arab Saudi, Kamis (30/7). Sebagian TKI ini berada di sana karena menyalahgunakan visa umrah. Sementara sebagian lainnya melarikan diri dari majikan mereka karena mendapat perlakuan tidak menyenangkan.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Jenderal Perlindungan Warga Negara Indonesia Departemen Luar Negeri, Teguh Wardoyo menjelaskan bahwa masalah ini lebih rumit dari sekedar negosiasi antarpemerintah. Menurut Teguh, untuk menyelesaikan masalah ini dibutuhkan kerjasama sejumlah instansi terkait di dalam negeri termasuk Departemen Agama.

Ratusan TKI ini hidup terlantar di kolong jembatan tol tanpa alas tidur dan tenda yang layak. Ironisnya, ada TKI yang mengenakan kursi roda. Menurut pengakuan salah satu TKI, di antara mereka ada yang sudah tinggal di tempat itu sejak satu hingga tiga bulan.

Para tenaga kerja yang terlantar itu kebanyakan anak-anak dan perempuan. Anak-anak yang tinggal di kolong jembatan terpaksa melindungi diri dari debu dan terik matahari dengan mengenakan masker pelindung. Menteri Tenaga Kerja Erman Suparno berkeyakinan Pemerintah Arab Saudi akan memulangkan para TKI tersebut. Selengkapnya, simak video berita berikut.(UPI/LUC)
Terpopuler