Sukses

Arab Biayai Pemulangan TKI Ilegal

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi bekerjasama dengan Pemerintah Arab Saudi untuk pemulangan TKI yang bermasalah. Biaya pemulangan sepenuhnya ditanggung oleh Arab Saudi.

Liputan6.com, Jakarta: Nasib ratusan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang telantar di Arab Saudi dan terpaksa hidup di bawah kolong jembatan kini sedang dalam proses pemulangan. Sebelumnya, para TKI mengaku tidak dapat perhatian dari Perwakilan Pemerintah Indonesia di sana [baca: TKI Ilegal Hidup di Kolong Jembatan].

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno mengungkapkan, permasalahan para TKI yang bermasalah tadi sedang dipilah oleh Pemerintah Arab Saudi. Untuk proses pemulangan, sepenuhnya akan dibiayai oleh Arab Saudi. "Pemerintah Arab mau menanggung pengembalian TKI," terang Erman Suparno di Jakarta, Rabu (29/7).

Permasalahan yang dimaksud Erman antara lain menyangkut masa kontrak kerja yang habis ataupun bermasalah dengan majikan. Selain itu, TKI tersebut kemungkinan tidak mendapat pekerjaan setelah umrah. Selengkapnya simak di video.(BJK/AND)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.