Sukses

2 Pencuri Kendaraan Titipan di Pul Rawa Buaya Dibekuk

Tempat ini memang dikenal rawan maling. Terlebih hanya ada 2 satpam untuk menjaga lahan seluas 20 hektare.

Liputan6.com, Jakarta - Tempat penitipan kendaraan sitaan Dishub di Pul Rawa Buaya, Cengkareng Barat, Jakarta Barat sering menjadi sasaran maling. Dini hari tadi, 2 pencuri di pul itu diringkus.

Komandan Derek Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Joni Budhi, mengatakan kedua pelaku adalah sopir bus Kopaja 95 jurusan Taman Anggrek-Rawa Bokor, Juwanto dan kernetnya.

Mereka merupakan pencuri onderdil kendaraan roda empat di Pul Rawa Buaya. Mereka tertangkap pukul 01.00 WIB Kamis (10/12/2015).

"Jadi mereka berdua sebenarnya 'pasien' (sopir yang angkutannya dikandangkan) dan bus mereka dititipkan di pul. Mereka alasannya mau nungguin bus saja. Terus bawa 7 orang lagi kawannya dari Rawa Bokor," jelas Joni kepada Liputan6.com, Kamis.

Menurut dia, pul mempersilakan sopir angkutan umum dan kernet menunggui mobil mereka yang terkena tilang dan sita. Sebab, mereka biasanya khawatir menjadi korban pencurian ketika kendaraannya dititipkan Dishub DKI ke Pul Rawa Buaya. Terlebih, keamanan di sana memang kurang.

"Satpam piket malam, Pak Djahuri dan Parman curiga dengan aktivitas para pelaku ini. Lalu diamati seksama, ternyata mereka sedang asik mempreteli aksesoris dan onderdil mobil," kata Joni.

"Ada 9 orang sebenarnya (jumlah komplotan), termasuk sopir dan kernet. Tapi yang 7 lainnya kabur," sambung Joni.


Sopir bus Kopaja 95 jurusan Taman Anggrek-Rawa Bokor Juwanto dan kernetnya yang ditangkap karena mencuri di Pul Rawa Buaya, Jakbar. (Liputan6.com/Audrey Santoso)

Dia mengatakan Juwanto dan komplotannya menyasar kendaraan roda 4 sedang seperti jenis ELF, dan mobil boks. Pada aksinya semalam, pelaku berhasil mempreteli 4 mobil dan menyimpan barang curian dalam Kopajanya.

"Kami temukan 6 buah aki, 6 kaca spion luar, 1 kaca spion dalam, 2 klakson trompet, 2 as roda, 3 speedometer, 2 dashboard, 4 filter udara, 1 tape, 1 lampu rorator, 1 tabung angin, 1 dirigen solar, 1 tutup tangki bensin," ujar Joni.

Kedua pelaku beserta barang bukti, tambah Joni, sudah digelandang ke Mapolsek Cengkareng oleh petugas piket Pul Rawa Buaya, "Kami sudah serahkan urusan ini ke polisi," kata Joni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.