Sukses

Gempa 6,9 SR Guncang Maluku Tengah, Warga Berhamburan Keluar

Meski begitu, belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban,

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali mengguncang wilayah di Indonesia. Lindu berkekuatan 6,9 skala Richter melanda Indonesia Timur, yakni Maluku Tengah.

"Gempa terjadi pukul 17.21 WIB," tulis situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bmkg.go.id, Rabu (9/12/2015).

BMKG menjelaskan, lokasi gempa berada 3.98 Lintang Selatan- 129.56 Bujur Timur. Kedalaman gempa berada pada 10 Kilometer.

Sementara titik gempa berlokasi sekitar 118 kilometer barat daya Serambi Bagian Timur-Maluku, 160 km Tenggara Serambi bagian barat-Maluku, 159 km Tenggara Ambon-Maluku, 2537 km Timur Laut Jakarta-Indonesia.

BMKG menyatakan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sementara menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pusat gempa yang dangkal membuat getaran kuat dirasakan warga di Ambon, Banda, dan Maluku Tengah selama 3-5 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah dan berada di jalan.

Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI di Ambon, IV MMI di Banda, II-III MMI di Masohi. Umumnya bangunan akan mengalami kerusakan berat jika intesitas lebih dari VI MMI.

"Meski begitu, belum ada laporan kerusakan bangunan dan korban," tulis Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/12/2015).

Saat ini, BPBD Provinsi Maluku dan Kabupaten Maluku Tengah masih memantau kondisi di lapangan. Hasil pantauan lapangan akan disampaikan kepada BPBD.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.