Sukses

Makam di Bogor Hampir Penuh, 1 Liang Harus Ditumpuk 3 Jenazah

Selain menumpuk jenazah, pengurus TPU di Bogor, Jabar juga menerapkan daur ulang makam.

Liputan6.com, Bogor - Sejumlah tempat pemakaman umum (TPU) di Kota Bogor, Jawa Barat semakin menyusut. Akibatnya, sekitar 2-3 jenazah harus ditampung dalam 1 liang lahat.

Seperti yang terjadi di TPU Dreded Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan dan TPU Blender di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal. Biasanya jenazah yang ditumpuk masih terhitung kerabat.

"Satu area makam ditumpuk 2-3 jenazah. Itu atas keinginan dari pihak keluarga," kata koordinator TPU Dreded, Arsyad saat ditemui di TPU Dreded, Bogor, Jabar, Selasa (8/12/2015).

Dia mengatakan, selain menumpuk jenazah, jajarannya juga menerapkan daur ulang makam. Makam-makam yang sebelumnya telah 'berpenghuni' bakal dijadikan makam baru. Hal ini bakal diberlakukan jika keberadaan ahli waris sudah tidak diketahui atau keluarga ahli waris tak membayar biaya retribusi selama 3 tahun.

"Sesuai aturan, jika ahli waris tak membayar pajak, kami kasih waktu toleransi selama 6 bulan. Kalau tidak ada kepastian, kami akan timbun," tutur Arsyad.

Hal senada diungkapkan Rohanda koordinator TPU Blender, di Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal. Dia mengaku, sudah tak ada lahan kosong lagi di TPU Blender.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penuh...

Karena itu, setiap kali ada warga yang meninggal akan diarahkan untuk dimakamkan di TPU lain, seperti TPU Setu Gede, TPU Kayu Manis, dan TPU Mulyaharja.

"Namun karena alasan TPU lain jauh, jadi banyak pihak keluarga yang memaksa dimakamkan di TPU Blender meskipun ditumpuk dalam satu lubang," cerita Rohanda.

Kepala UPTD Pemakaman Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor, Toto Guntoro menyebutkan, terdapat 8 TPU yang tersebar di 4 dari 6 kecamatan di Kota Bogor. 8 TPU yang dikelola oleh DKP Kota Bogor, yakni TPU Cimahpar, Situ Gede, Dreded, Cipaku, Gununggadung, Mulyaharja, Blender, dan Kayumanis. Luas total makam di Kota Bogor sekitar 60,95 hektare.

Diakui Toto, TPU yang saat ini sudah hampir penuh, yaitu TPU Dreded seluas 6,4 hektare telah terisi hingga 98,14 persen. TPU Blender seluas 6,6 hektare juga telah terisi 98,6 persen.

Sementara TPU Gununggadung tercatat paling luas, yakni 36 hektare. TPU dengan daya tampung 54.000 makam itu kini telah terisi 51.872 makam.

"TPU ini menjadi favorit warga karena faktor jarak yang lebih terjangkau. Alasan lain ada almarhum keluarganya yang dimakamkan di sana sehingga ingin berdekatan," tutur Toto.

Namun, pihaknya masih memiliki ketersediaan lahan pemakaman seperti di TPU Mulyaharja seluas 21.615 m2 yang baru terisi 0,15 persen atau TPU Situ Gede seluas 32.564 m2 yang persentase terisinya masih 0,3 persen.

"Pemanfaatan lahan makam saat ini belum merata. Karenanya kami berharap warga berkenan untuk beralih ke TPU lain yang masih menyediakan banyak lahan untuk pemakaman jika TPU tersebut telah penuh," pungkas Toto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini