Sukses

Kepala Staf Presiden Ingin Gandeng Hacker?

Para peretas yang rata-rata anak muda itu, nantinya diajak untuk membuat sebuah sistim ampuh.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki ingin melibatkan kalangan hacker atau para peretas dalam memberantas korupsi di Indonesia. Meskipun, pemerintah sendiri telah membuat sejumlah aturan dengan penerapan teknologi informasi (TI) untuk mencegah praktik korupsi.

Contohnya seperti transparansi proses pengadaan barang berbasis TI. Meski begitu, kata Teten, koruptor masih saja mencari celah kelemahan sistem yang telah dibuat. Karena itu, sudah saatnya hacker ambil bagian dalam gerakan antikorupsi.

"Mereka (hacker) rata-rata anak muda yang sebetulnya, sebagai pemilik masa depan negara ini," tutur Teten usai membuka Lomba Hackathon Merdeka 3.0 di Kantor Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Kuningan‎, Jakarta, Sabtu (5/12/2015).



Hackathon Merdeka 3.0 ini merupakan gerakan antikorupsi yang telah diikuti oleh masyarakat yang tersebar di 12 negara, ‎meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Jepang, Australia, Taiwan, Belanda, Jerman, Korea Selatan, Swedia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Mereka berlomba membuat sistem informasi yang dapat secara efektif memberantas korupsi.

"Saya melihat partisipasi masyarakat dalam mengawasi pemerintahan kini menjadi semakin luas. Hackathon ini kan kita lihat menjadi gerakan internasional," ucap Teten.

Korupsi, kata dia, telah menjadi musuh global. Karena itu, setiap negara harus sepakat untuk memerangi bahaya laten ini.

"‎Misalnya bentuk pencucian uang, melibatkan perbankan di seluruh dunia atau lembaga keuangan. Itu cara melawan harus dengan cara internasional juga. Nggak bisa suatu negara tidak terapkan undang-undang pencucian uang," tegas dia.

Tenten juga menuturkan, korupsi selalu beradaptasi dengan sistem pemerintahan apa pun, baik otoriter maupun demokrasi. Karena korupsi selalu mencari cara memproduksi dirinya untuk selalu eksis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Teten Masduki kini menjabat sebagai Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Kabinet Indonesia Maju.

    Teten Masduki

  • Korupsi adalah penyalahgunaan uang negara (perusahaan, organisasi, yayasan, dan sebagainya) untuk keuntungan pribadi atau orang lain.

    Korupsi

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • Hacker