Sukses

Status Siaga Darurat Kebakaran Hutan di Jambi Resmi Dicabut

Makmur mengatakan, bersama pihak terkait tetap akan melakukan pencegahan agar kebakaran lahan dan hutan di Jambi tidak terjadi lagi.

Liputan6.com, Jambi - Setelah satu bulan lebih kabut asap di Jambi menghilang, status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di daerah ini akhirnya resmi dicabut Jumat 4 Desember kemarin.

"Statusnya kini menjadi normal seiring membaiknya cuaca di Jambi," ujar Danrem 042 Garuda Putih, Kolonel Inf Makmur yang menjadi Komandan Satgas Karhutla Jambi, Sabtu (5/12/2015).

Makmur yang ditemui di Jambi mengatakan, cuaca stabil dan normal apabila asap sudah tidak ada, sekolah dan aktivitas penerbangan di Bandara Jambi juga sudah normal. Begitu juga kadar Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) berstatus baik.


Meski status siaga darurat sudah dicabut, Makmur mengatakan, bersama pihak terkait tetap akan melakukan pencegahan agar kebakaran lahan dan hutan di Jambi tidak terjadi lagi. ‎

"Kita bersama-sama tetap melakukan pencegahan, karena pencegahan itu lebih baik dari pada mengatasi," kata dia.

Namun ia mengingatkan, paling penting adalah kesadaran masyarakat agar tidak membakar lahan. Apalagi saat musim kemarau tiba.

Kabut asap menyelimuti Jambi lebih dari 3 bulan. Hampir 30 ribu hektar lahan dan hutan hangus terbakar. Akibat kebakaran tersebut, 90 ribu lebih warga Jambi menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.