Sukses

Ditemukan Pemandian Suci Abad VIII

Sebuah pemandian yang dianggap suci sejak abad VIII ditemukan di Semarang. Pemandian suci atau pentirtaan diperkirakan dibangun Dinasti Wangsasenjaya.

Liputan6.com, Semarang: Sebuah pemandian yang dianggap suci sejak abad VIII ditemukan di Derekan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (23/7). Pemandian suci atau yang disebut pentirtaan ini punya kedalaman sekitar 1,5 meter. Penggalian tempat pemandian ini dilakukan petugas Balai Pelestarian Peninggalan Sejarah dan Purbakala (BP3) dibantu warga.

Pentirtaan kuno luasnya 5 x 5 meter dengan bentuk bangunan dari tumpukan batu andesit atau batu candi. Di lokasi penggalian juga terdapat empat sisi saluran pembuangan air. Pentirtaan yang diperkirakan dibangun Dinasti Wangsasenjaya ini letaknya tidak jauh dari bangunan Candi Ngempon yang ditemukan pada tahun 1951.

Selama penggalian, di sekitar pemandian juga ditemukan lima arca tiga di antaranya arca berujud Ganesha sedangkan lainnya berujud manusia yang sedang duduk bersila. Penggalian benda purbakala ini baru mencapai 25 persen. Setidaknya 20 petugas setiap harinya melakukan penggalian untuk penyelamatan benda purbakala.(JUM)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini