Sukses

Pendapat Sofjan Wanandi soal Masa Depan Hubungan RI-Jepang

Menurut mantan Ketua Apindo ini, kerja sama ekonomi masih banyak yang bisa digali. Tidak hanya berhenti di titik ini saja.

Liputan6.com, Jakarta - Penasihat Khusus Wakil Presiden Jusuf Kalla, Sofjan Wanandi, angkat bicara terkait hubungan RI-Jepang. Komentar tersebut disampaikan usai menerima penghargaan dari Jepang Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

Menurut mantan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) ini, kerja sama ekonomi masih banyak yang bisa digali. Tidak hanya berhenti di titik ini saja.

"Saya pikir ekonomi Indonesia dan Jepang masih banyak bisa digali, termasuk rencana mereka membangun power plant dan juga port baru, Jepang bisa bantu," ucap Sofjan di rumah Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yasuaki Tanizaki, Jakarta, Selasa (1/12/2015).


Tak cuma itu, Sofjan menambahkan ke depannya Jepang bisa menjadikan Indonesia basis ekspornya. Hal ini karena banyak hal yang dibutuhkan Jepang tersedia di Indonesia.

"Jepang bisa jadikan Indonesia basis ekspornya ke seluruh dunia untuk 10 tahun ke depan," kata Sofjan.

Sofjan baru saja menerima penghargaan Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Hal ini diberikan karena Sofjan dianggap berjasa memperkuat hubungan RI-Jepang hingga Negeri Matahari Terbit bisa menjadi salah satu investor terbesar di Tanah Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini