Sukses

KNKT Siap Umumkan Hasil Investigasi Jatuhnya AirAsia QZ8501

Tiga hari menjelang tahun baru 2015, dunia penerbangan dikagetkan oleh kabar hilangnya pesawat AirAsia bernomor QZ8501 di Selat Karimata.

Liputan6.com, Jakarta - Musibah jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501 hampir setahun berlalu. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan menggelar konferensi pers tentang hasil investigasi kecelakaan maskapai penerbangan milik Malaysia tersebut di Kantor KNKT, Jalan Medan Merdeka Timur No 5, Jakarta Pusat, hari ini, Selasa (1/12/2015) sore.

Besar kemungkinan KNKT bakal mengumumkan penyebab pasti pesawat AirAsia jurusan Surabaya-Singapura tersebut yang jatuh di sekitar perbatasan perairan Selat Karimata dan bagian utara Laut Jawa pada 28 Desember 2014.

Black box dibawa dalam keadaan tersimpan di dalam benda menyerupai box wana hitam saat tiba di Gedung KNKT, Jakarta, Senin (12/1). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Terutama berdasarkan data yang digali dari black box atau kotak hitam berupa rekaman penerbangan atau flight data recorder (FDR) dan rekaman suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR).

Sekadar menyegarkan ingatan, tiga hari menjelang tahun baru 2015, dunia penerbangan Indonesia dikagetkan oleh kabar hilangnya pesawat AirAsia bernomor QZ8501 rute Surabaya-Singapura. Burung besi itu hilang dari jangkauan radar saat berada di langit Selat Karimata.

Ilustrasi Pesawat AirAsia (Liputan6.com/Andri Wiranuari)
Ketika itu pesawat jenis Airbus A 320-200 membawa 155 penumpang dan 7 kru penerbangan. Ada beberapa warga negara asing yang ikut serta dalam penerbangan tersebut.

Pesawat itu baru diketahui jejaknya setelah 2 hari menghilang pada 30 Desember 2014. Saat itu, sebuah serpihan pesawat ditemukan tengah mengambang di perairan Selat Karimata.

Pagi itu air laut memuntahkan apa yang ditelannya. Empasan ombak mengantarkan kelegaan sekaligus kepedihan dalam penantian. Di seberang lautan sana, Bandara Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur berselimut duka. Isak tangis membahana di salah satu sudut ruangan di bandara itu. Ada yang berteriak hingga pingsan.

Dari tayangan televisi di sudut bandara, mereka menyaksikan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengumumkan kepingan pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang sejak 3 hari lalu telah ditemukan berikut dengan 3 jenazah korban.

"Saya pastikan benda-benda itu adalah bagian dari pesawat yang kita cari (AirAsia QZ8501)," ucap Soelistyo di Kantor Basarnas, Jakarta, Selasa 30 Desember 2014.

Tim SAR membawa puing pesawat AirAsia QZ8501 yang dikirim Helicopter Sea Hawk milik Amerika Serikat, Pangkalan Bun, Kalteng, Senin (5/1/2015). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pascapenemuan puing itulah, perlahan tapi pasti satu per satu puing pesawat maupun korban AirAsia QZ8501 ditemukan tim gabungan Basarnas dan TNI serta Polri. Namun tak ada seorang pun korban hidup yang berhasil dievakuasi sampai operasi ditutup pada 17 Maret 2015.

Tim SAR gabungan bersiap melakukan evakuasi korban pesawat AirAsia QZ8501 pada hari keempat di Lanud Iskandar, Pangkalan Bun, Kalteng, Rabu (31/12/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Hingga hari ke-102 pascajatuhnya pesawat AirAsia QZ8501, Tim Disaster Victim Identification (DVI) berhasil mengidentifikasi 111 dari 115 jenazah di Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim, Surabaya. Terdiri dari 99 tubuh dan 12 bagian tubuh.

Operasi pencarian korban pesawat AirAsia QZ8501 kemudian secara resmi dihentikan pada 3 Maret 2015. "Saya telah menyampaikan kepada keluarga korban (pesawat AirAsia) dengan beberapa bukti berupa rekaman video. Dan kami juga menyampaikan bahwa selama 2 bulan ini Tim SAR gabungan sudah melaksanakan tugas dengan maksimal," ucap Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bambang Soelistyo di Surabaya, Jawa Timur, Selasa 3 Maret 2015.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI F Henry Bambang Soelistyo saat jumpa pers terkait evakuasi pesawat AirAsia QZ8501, Jakarta, Rabu (31/12/2014). (Liputan6.com/Faisal R Syam)
Dalam pertemuan tertutup dengan keluarga korban di Posko Crisis Center Markas Polda Jawa Timur, Bambang Soelistyo mengungkapkan, Basarnas juga memberikan waktu kepada pihak keluarga korban untuk menyampaikan harapannya terkait musibah jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

Kini, para keluarga korban tentu berharap mendapat kejelasan penyebab pasti musibah yang merenggut nyawa anggota keluarga mereka. (Ans/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini