Sukses

MK Tolak Uji Materi KUHAP OC Kaligis

Majelis Hakim mempertimbangkan, bahwa Pasal 1 angka 2‎ KUHAP masuk ke dalam ketentuan umum

Liputan6.com, Jakarta - Terdakwa kasus dugaan suap hakim dan panitera PTUN Medan, OC Kaligis harus gigit jari dalam uji materi Pasal 1 angka 2 Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Sebab, Mahkamah Konstitusi (MK)‎ dalam amar putusannya menyatakan gugatan pengacara kondang itu tidak dapat diterima.

"Penyatakan permohonan pemohon tidak dapat diterima," ujar Wakil Ketua MK Anwar Usman dalam amar putusan di ruang sidang utama Gedung MK, Jakarta, Senin (30/11/2015).

Majelis Hakim mempertimbangkan, bahwa Pasal 1 angka 2‎ KUHAP masuk ke dalam ketentuan umum. Bab mengenai ketentuan umum itu sudah diputuskan oleh MK dalam perkara nomor 88/PUU-X/2012. Sehingga, MK menyatakan pertimbangan dalam perkara nomor 88 itu dipakai pula dalam perkara gugatan Kaligis ini.

"Putusan tersebut mutatis mutandis. Menjadi pertimbangan pula dalam putusan a quo. Dengan demikian permohonan pemohon tidak dapat diterima," ujar anggota Majelis Hakim Wahiddudin Adams.

Sebagai informasi, OC Kaligis mengajukan uji materi Pasal 1 angka 2 KUHAP ke MK. Pasal tersebut mengatur mengenai penyidikan.

Bunyinya: "Penyidikan adalah serangkaian tindakan penyidik dalam hal dan menurut cara yang diatur dalam UU ini untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang dengan bukti itu membuat terang tentang tindak pidana yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya."

Dalam uji materi ini, Kaligis menilai norma dalam Pasal 1 angka 2 itu pada praktiknya menimbulkan multitafsir dan melanggar asas Lex Certa atau dirumuskan secara jelas dan rinci. Sifat multitafsir khususnya terdapat pada frasa 'serangkaian tindakan penyidik'.

Menurut Kaligis, serangkaian tindakan penyidik harus ditafsirkan secara jelas. Sebab penetapan seseorang sebagai tersangka dilakukan karena ada suatu perbuatan yang jelas tindak pidananya.

Untuk itu, ayah artis Velove Vexia itu ingin agar Pasal 1 angka 2 KUHAP dimaknai prosedur formal dalam menetapkan tersangka atas suatu perbuatan yang jelas tindak pidananya harus diterangkan dengan jelas. (Ron/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini