Sukses

MKD Lantik Anggota Baru dari Fraksi Golkar

Ketua MKD menyatakan belum dapat memastikan apakah sidang akan dijalankan terbuka atau tertutup.

Liputan6.com, Jakarta - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) menggelar rapat internal untuk menentukan jadwal persidangan dugaan pelanggaran kode etik Ketua DPR Setya Novanto yang dilaporkan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Sebelum mulai membahas sidang, MKD akan meresmikan pimpinan dan anggota yang baru hasil Bantuan Kendali Operasi (BKO) oleh fraksinya masing-masing.

"Hari ini ada rapat pleno MKD dengan agenda peresmian pimpinan MKD karena ada penggantian unsur pimpinan yaitu Hardi Soesilo dari Golkar digantikan dengan Abdul Kahar Muzakir. Sesuai tata tertib DPR, kalau berganti unsur pimpinan, untuk efektifnya perlu diresmikan pimpinan DPR, tapi kalau anggota tidak perlu diresmikan," kata Ketua MKD Surahman Hidayat di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Seni (30/11/2015).

Surahman menuturkan, pihaknya belum bisa memastikan apakah sidang akan dijalankan terbuka atau tertutup. Karena akan diserahkan kepada kesepakatan mayoritas anggota MKD.

"Semua mendesak, tapi kan publik juga tahu kalau MKD tak boleh langgar aturan. Kalau ada undang-undang, taati aturan undang-undang ada. Sejauh dimungkinkan boleh sesuai regulasi yang ada, harapan publik itu seyogyanya dikabulkan, diperhatikan, tapi jangan langgar undang-undang," ujar Surahman.

Dilantik Pimpinan DPR

Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah melantik ketiga anggota MKD baru yang berasal dari Fraksi Partai Golkar, yang salah satunya Kahar Muzakir menjabat wakil ketua MKD menggantikan Hardi Soesilo.

"Saya serahkan palu sidang ini pada pimpinan MKD yang baru," kata Fahri usai melantik anggota MKD baru dari Fraksi Golkar di ruangan MKD, Gedung DPR.

Ketua Fraksi Golkar Ade Komarudin telah mengganti 3 anggotanya di MKD berdasarkan pada keputusan DPP Partai Golkar. Tiga anggota MKD dari Golkar yang diganti adalah Dadang Muchtar, Budi Supriyanto dan Hardisoesilo. Ketiganya digantikan oleh Ridwan Bae, Adies Kadir, dan Kahar Muzakir.

Selain Fraksi Partai Golkar, hampir semua fraksi mengganti anggotanya yang duduk di MKD DPR. Fraksi PAN mengganti 2 anggotanya, Hang Ali Saputra Syah Pahan dan Ahmad Riski Sadiq. Keduanya digantikan A Bakrie dan Sukirman.

Fraksi Partai Demokrat mengganti anggotanya Guntur Sasono dengan Fandi Utomo. Selanjutnya, Fadholi dari Fraksi Naddem diganti oleh Akbar Faizal, sedangkan Fraksi PDIP mengganti M Prakosa dengan Henry Yosodiningrat. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini