Sukses

4 Pemimpin Negara Akan Bertemu Jokowi di Paris

COP 21 diharapkan bisa menghasilkan keputusan mengenai detail kesepakatan baru yang bersifat mengikat dan jangka panjang.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menghadiri KTT Perubahan Iklim atau Konferensi Tahunan Para Pihak (COP) 21 di Paris, Prancis. Di sela-sela forum tahunan itu, Jokowi dijadwalkan menggelar pertemuan bilateral dengan 4 kepala negara pada hari ini.

"Presiden dijadwalkan akan melaksanakan pertemuan bilateral dengan Presiden Serbia Tomislav Nikolic, Perdana Menteri Kerajaan Norwegia Erna Solberg, Perdana Menteri Kerajaan Belanda Mark Rutte, dan Presiden Peru Ollanta M Humala Tasso," ucap Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmuddin kepada Liputan6.com, Senin (30/11/2015).


Pertemuan Leaders UNFCCC COP 21 di Paris, Prancis, berlangsung dari 30 November 2015 sampai 1 Desember 2015. Dalam forum tersebut, Jokowi ingin menyampaikan kontribusi Indonesia dalam isu perubahan iklim, terutama dalam mendorong terealisasinya secara penuh prinsip common but differentiated responsibility (tanggung jawab sama, kewajiban berbeda).

Presiden Jokowi berharap, forum COP 21 yang dihadiri oleh 135 kepala negara dan kepala pemerintahan itu bisa menghasilkan keputusan mengenai detail dari kesepakatan baru yang bersifat mengikat dan jangka panjang.

"Hal ini penting agar negara berkembang dapat berkontribusi lebih besar dalam isu perubahan iklim," ucap Jokowi.

Pada forum tersebut, Jokowi akan menyampaikan dukungan penuh Indonesia bagi keberhasilan COP 21 sekaligus dukungan moral pada Prancis yang menghadapi serangan teroris, beberapa waktu lalu.

"Kita memberikan dukungan politik, sama seperti konferensi sebelumnya, komitmen, karena kita berada pada posisi yang tepat 17 ribu pulau, kalau terjadi kenaikan permukaan air laut (kita juga yang terkena dampaknya)," kata Presiden Jokowi melalui Tim Komunikasi Presiden di Bandara Halim Perdanakusuma, Minggu 29 November 2015.

Di sela-sela pertemuan, Presiden Jokowi dijadwalkan untuk menghadiri Forest Event yang digagas oleh Norwegia, Inggris, dan Peru serta menghadiri Mission Innovation Event. Presiden juga akan meninjau Paviliun Indonesia di area pelaksanaan UNFCCC COP 21 sebelum meninggalkan Prancis untuk kembali ke Tanah Air. (Din/Bob)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini