Sukses

30-11-2013: Saat Terakhir Paul Walker Hingga Tewas Kecelakaan

Paul Walker yang saat itu mengenakan pakaian serba hitam datang bersama putrinya untuk acara amal di bengkel sahabatnya.

Liputan6.com, California - Hari ini tepat dua tahun perginya aktor film Fast and Furious, Paul Walker. Hidup sang bintang film balap mobil itu berakhir dengan tragis di dalam mobil.

Pria yang memerankan Brian O'Conner di Fast and Furious itu tewas kecelakaan di ruas jalan California, Amerika Serikat, 30 November 2013.

Walker tewas bersama teman dekatnya, Roger Rodas yang saat itu sedang mengemudikan mobil Porsche Carrera GT 2005 yang disetir Rodas. Ketika itu, keduanya sedang mengetes performa mobil sport itu.

Beberapa menit sebelum kecelakaan yang terjadi pada hari Sabtu itu, Walker sedang menghadiri penggalangan dana amal di bengkel Always Evolving, milik Rodas. Aktor bermata biru itu datang bersama putrinya.

"Di acara itu, dia (Paul Walker) dikelilingi sahabatnya, berbicara tentang mobil dan menyaksikan ribuan hadiah yang diberikan kepada anak-anak telantar," ujar teman Walker, Bill Towsend, seperti dimuat Examiner.com

Tiba-tiba, pekerja di bengkel Always Revolving melapor kepada Rodas bahwa ada masalah pada mobil Porsche Carrera GT 2005. Si Bos itu langsung bergegas untuk mengetesnya.

Walker yang mengetahui hal itu, mengikuti Rodas dan masuk ke mobil untuk melihat performanya. 20 menit kemudian, ledakan terdengar dari jalanan yang berada di beberapa kilometer dari bengkel.

Putra Rodas dan karyawan bengkel bergegas berlari ke lokasi kejadian, dan melihat mobil Porsche tersebut terbakar. Para saksi mencoba memadamkan api.

Saksi mata lain mengaku melihat mobil Porsche tersebut melaju dengan kecepatan tinggi dan lepas kendali hingga akhirnya mobil menabrak pohon dan terbakar.

Beberapa sahabat sempat melihat dan memanggil Paul Walker di dalam mobil, namun tak ada respons darinya. Walker dan Rodas tewas di lokasi kejadian. Jasad keduanya sulit dikenali karena terbakar.

TMZ yang pertama mengetahui hal itu, langsung mengabarkan kematian Paul Walker. Namun banyak penggemar tak percaya. TMZ kemudian mempublikasikan foto mobil terbakar di lokasi kejadian.

Beberapa jam kemudian, akun resmi Facebook Paul Walker pun mengumumkan kematian sang aktor. Brian O'Connor telah berpulang.

Hasil Penyelidikan

Beberapa bulan kemudian, otoritas kepolisian setempat merilis hasil penyelidikan atas kecelakaan Paul Walker. Disebutkan bahwa mobil yang dikendari Roger Rodas melaju dengan kecepatan yang "tak aman", yakni 100 mil per jam.

"Mobil kehilangan kendali tanpa alasan yang tak diketahui pasti," demikian kata laporan itu, seperti dimuat USA Today.

Hasil otopsi menyebutkan Walker dan Rodas tewas karena serangan api dan efek traumatik beberapa saat setelah mobil kecelakaan.

"Hal itu yang membuatnya meninggal," ujar Lawrence Nguyen dari tim rumah sakit.

Kematian Walker disebut tragis karena pria 40 tahun itu menghembuskan nafas terakhir dengan masih mengenakan jeans dan kaos serba hitam yang dipakainya untuk memandu acara di bengkel Rodas.

Sejarah lain mencatat pada 30 November 2004, Pesawat MD-82 Lion Air bernomor penerbangan JT 538 tergelincir saat melakukan pendaratan di Bandara Adisumarmo, Surakarta dalam penerbangan dari Jakarta pada pukul 18.15 WIB; 26 orang tewas dan 61 lainnya luka-luka. (Rio/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini