Sukses

Motion Graphic: Pusaran Kasus Setya Novanto

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto tak pernah putus dari berbagai masalah. November ini, namanya dilaporkan ikut dalam dugaan lobi mendapatkan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air di Urumuka, Papua--proyek energi strategis bagi PT Freeport Indonesia.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said sebagai pelapor kasus ini menyebutkan, Setya diduga mencatut nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, demi mengegolkan rencana mendapatkan proyek PLTA tersebut.


Kasus dugaan pencatutan nama Presiden ini hanya satu dari sekian kasus yang pernah menghinggapi Setya. Selama merintis karier sebagai pengusaha dan politikus, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat, 60 tahun lalu ini berkali-kali terseret permasalahan hukum.

Umumnya kasus-kasus itu menyangkut perusahaan ternama dan proyek prestisius. Misalnya, kasus cessie Bank Bali, korupsi e-KTP, dan korupsi Pekan Olahraga Nasional.

Bagaimana perjalanan Setya dalam berbagai kasus tersebut? Motion graphic Liputan6.com berikut menjelaskan pusaran kasus pria yang baru saja menikahkan anaknya itu. (Rmn/Ado)*