Sukses

Peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka, 237 Polisi Diturunkan

Antisipasi 1 Desember, Polda Papua juga bersinergi dengan sejumlah polda.

Liputan6.com, Jayapura - Polda Papua mengerahkan 237 personel dalam pengamanan 1 Desember yang diklaim sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) bagi sebagian masyarakat Papua. Sejumlah lokasi juga diantisipasi dalam peringatan ini, seperti di Timika, yakni di sekitar makam panglima tertinggi OPM Kelly Kwalik, dan makam tokoh pejuang Papua Theys Hiyo Eluay di Sentani.

Tak hanya itu, untuk menciptakan kondisi aman, polisi berkoordinasi dengan Kodam Cenderawasih, Lantamal X, dan Lanud Jayapura. Sejumlah tokoh adat, agama dan masyarakat juga dilibatkan dalam menjaga kondisi kondusif di Papua.

"Mulai nanti malam, kami akan melakukan cipta kondisi, salah satunya dengan patroli dan melakukan razia senjata tajam dan minuman keras di lokasi yang kami anggap rawan akan gangguan keamanan," ujar Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw, Minggu (29/11/2015).

Antisipasi 1 Desember, Polda Papua juga bersinergi dengan sejumlah polda di antaranya Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Sulawesi Utara, dan Polda Jawa Tengah. Hal ini terkait pemuda-pemudi Papua menempuh studi di kota-kota tersebut.

Anggota Majelis Rakyat Papua Pendeta Herman Saud meminta kepada masyarakat asli Papua untuk tak melakukan kegiatan yang bertentangan dengan hukum dan melawan negara.

"Terlebih kepada anak muda di Papua untuk tetap berkarya dan menjalankan aktivitas seperti biasanya. Kebiasaan lama yang melawan hukum ini seharusnya sudah ditinggalkan dan kita harus melangkah ke depan serta melakukan hal positif," ucap dia di Mapolda Papua, Kota Jayapura.


H-2 jelang HUT Organisasi Papua Merdeka, kondisi di Papua relatif kondusif. Walau demikian, ada sejumlah lokasi di pegunungan tengah Papua diisukan terjadi pergerakan kelompok sipil bersenjata dengan sasaran penyerangan pos keamanan dan perampasan senjata api milik aparat.

Tak hanya itu, Paulus juga mengumpulkan sejumlah kapolres, khususnya di wilayah yang melaksanakan pemilihan kepala daerah 9 Desember 2015, di antaranya Kapolres Yahukimo, Jayawijaya, dan Keerom.

"Papua kondusif yang perlu diwaspadai juga adalah jelang pelaksanaan pemilukada di beberapa daerah di Papua. Informasi terakhir, Panglima Kodam Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian telah melakukan pemantauan langsung di Boven Digul, pascasalah satu pasangan dicoret oleh KPU setempat," ucap Paulus. (Mvi/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • opm
    <p style="text-align: justify;"><span style="font-size:14px"><span style="font-family:arial,helvetica,sans-serif">OPM mengandung Omeprazole.&nbsp;OPM merupakan obat yang digunakan untuk mengobati masalah perut tertentu dan masalah kerongkongan.&nbsp

    OPM

  • HUT OPM

  • Papua