Sukses

Kantor KPU Kalteng Terbakar, Diduga Disabotase

Kebakaran diduga disabotase karena di lokasi kebakaran ditemukan 1 buah jerigen dan 1 tas berwarna hitam.

Liputan6.com, Palangka Raya - Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kaimanntan Tengah yang terletak di Jalan Jenderal Soedirman Palangka Raya terbakar pada Minggu (29/11/2015) dinihari sekitar pukul 03.30 WIB. Kebakaran diduga disabotase karena di lokasi kebakaran ditemukan 1 buah jerigen dan 1 tas berwarna hitam.

Namun, Kepala UPT Damkar Palangka Raya Wawan Berlinson belum mengetahui dugaan unsur kesengajaan dalam peristiwa itu.

Ia mengatakan, informasi kebakaran kantor KPU Kalteng itu didapat dari seseorang yang melapor dan pihaknya langsung mendatangi kantor Damkar Palangka Raya sehingga personel langsung bergerak ke lokasi dan kurang dari 30 menit api berhasil dipadamkan.

"Kami menerima laporan dan kurang tahu apakah polisi atau masyarakat sipil yang datang ke kantor itu. Intinya, api yang membakar gedung belakang lantai 2 KPU Kalteng sudah berhasil kita padamkan. Ruangan yang digunakan komisioner KPU Kalteng aman dan tidak ikut terbakar," ucap Wawan, Minggu (29/11/2015).

Wawan membenarkan ada sejumlah kertas yang terbakar namun belum dapat memastikan apakah lantai 2 sisi belakang kantor KPU Kalteng itu dipergunakan untuk penyimpanan arsip. Dia juga tidak dapat memberikan dugaan terkait penyebab kebakaran.

"Intinya kebakaran terjadi sekitar pukul 3.30 WIB dan sudah berhasil dipadamkan pada pukul 4.00 WIB," kata Wawan.

Sejak dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah pada 9 Desember 2015, kantor KPU mendapat pengawalan ketat polisi, bahkan di depan kantor KPU terpasang tenda bertuliskan Polda Kalteng yang dipergunakan untuk polisi.

Informasi sementara, kebakaran itu bermula dari lantai 2 gedung bagian kanan yang merupakan tempat penyimpanan arsip pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2014.

Kemudian Unit Pemadam Kebakaran Pemerintah kota Palangka Raya mengerahkan 3 unit mobil kebakaran dibantu 5 unit BPK swadaya masyarakat sehingga dalam waktu 30 menit berhasil memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini namun 1 unit motor dan 2 sepeda ontel habis terbakar.

Pilkada serentak tingkat provinsi, akan berhadapan tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur, yaitu Ujang Iskandar dan Jawawi, Willy Yosef dan Wahyudi Anwar, Sugianto Sabran dan Said Ismail. (Ant/Ron)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.