Sukses

Presiden Jokowi Terbang ke Paris Hadiri KTT Perubahan Iklim

Jokowi terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim di Paris.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Paris, Perancis, Minggu (29/11/2015). Jokowi terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta untuk menghadiri KTT Perubahan Iklim.

Menlu Retno Marsudi mengatakan, Jokowi akan menyampaikan pandangan Indonesia dalam proses negosiasi perubahan iklim di Paris awal pekan depan. Jokowi akan bersama 147 pemimpin lainnya menyampaikan sejumlah pandangan mengenai berbagai isu perubahan iklim, termasuk menjelaskan posisi Indonesia.

"Presiden tentunya akan menyampaikan statement Indonesia selama kurang lebih tiga sampai lima menit. Dan dalam statement itu tentunya kita menyampaikan beberapa hal. Pertama adalah pemberian political support (dukungan politik) terhadap suksesnya negoisasi tersebut," jelas Retno.

Jokowi juga akan menjelaskan posisi strategis Indonesia karena Indonesia adalah salah satu negara pemilik hutan terbesar tetapi secara geografis rentan terhadap perubahan iklim.

"Sebagai negara berkembang kita juga masih memerlukan ruangan yang cukup untuk melakukan pembangunan ekonomi," sambung Retno seraya mengatakan Indonesia juga sudah menyampaikan komitmen mengenai pengurangan emisi.

Menurut Mensesneg Pratikno, selain menghadiri KTT Perubahan Iklim, Presiden juga akan bertemu secara bilateral dengan sejumlah pemimpin negara lainnya. (Ant/Mut)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.