Sukses

28 November 2015 Resmi Jadi Hari Dongeng Nasional

Tanggal ini dipilih sebagai Hari Dongeng karena merupakan hari kelahiran Drs Suyadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah pendongeng dan perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mendeklarasikan 28 November 2015 sebagai Hari Dongeng Nasional.

Tanggal ini dipilih karena merupakan hari kelahiran Drs Suyadi atau yang lebih dikenal dengan nama Pak Raden.

Pria yang wafat pada 30 Oktober 2015 itu merupakan salah satu pendongeng paling tersohor di Tanah Air.

Deklarasi Hari Dongeng Nasional dilakukan pada Sabtu (28/11/2015) di lantai 2 perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tidak cuma di Jakarta, deklarasi ini juga dilakukan di Indonesia. Beberapa kota lain itu seperti Bogor, Lampung, Ponorogo, NTB, Bandung, Makasar, Saparua, Banjarmasin, Pinrang, dan Surabaya.

Deklarasi tersebut dibacakan oleh beberapa pendongeng Indonesia secara serempak pada pukul 10.00 di seluruh Tanah Air.

Berikut teks deklarasi Hari Dongeng Nasional yang dibacakan para pendongeng Indonesia:

Deklarasi Forum Dongeng Nasional
Dengan menyebut nama Allah Tuhan yang Maha Esa

Kami para pencita dongeng Indonesia
Kami para pendidik, pustawakan, dan pemerhati anak, pada hari ini Sabtu 28 November 2015 pukul 10.00 WIB menyatakan perihal utama,

Demi kepentingan anak Indonesia dan keguyuban para pecinta dongeng, bahwa setiap tanggal 28 November dalam setiap tahun secara bersama di Indonesia merupakan sukacita cerita

Kami para pencinta dongeng Indonesia menjadikan tanggal 28 November sebagai Hari Dongeng Nasional.

(Ndy/Bob)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini