Sukses

Sambut Gerhana Matahari Total, Sulteng Siapkan Atraksi

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 akan bisa diamati selama sekitar 3 menit pada pukul 07.00 waktu setempat dari 12 kota.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Maret 2016 mendatang, masyarakat bersiap menyambut Gerhana Matahari Total. Peristiwa alam ini rupanya tak disia-siakan oleh pemerintah Sulawesi Tengah. Bahkan, 4 kabupaten dan 1 kota sedang bersiap memberikan pertunjukan khusus bagi wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin melihat Gerhana Matahari itu.

"Ada 4 kabupaten dan Kota Palu akan yang menjadi titik pengamatan gerhana, semuanya sedang menyiapkan berbagai atraksi seni, budaya, dan promosi kepariwisataan," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Tengah Siti Norma Mardjanu seperti dilansir Antara, Jumat (27/11/2015).

Kota Palu serta Kabupaten Banggai, Sigi, Poso, dan Tojo Unauna akan menggelar acara seni dan budaya untuk memperkenalkan potensi wisata mereka.


"Semua daerah akan mengangkat potensi kearifan lokal wilayahnya masing-masing," ujar dia.

Menurut Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulawesi Tengah sudah ada 3.000-an wisatawan mancanegara yang sudah memesan penginapan untuk menyaksikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

Gerhana matahari total 9 Maret 2016 akan bisa diamati selama sekitar 3 menit pada pukul 07.00 waktu setempat dari 12 kota di 10 provinsi di Indonesia. Di antaranya, Palu, Poso, Luwuk, Halmahera, Tidore, Ternate, Sampit, Balikpapan, Palangkaraya, Belitung, Bangka dan Palembang. (Nil/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini