Cacat Tak Menumpulkan Kreativitas

By

Liputan6.com, Yogyakarta: Memiliki kekurangan secara fisik tak menjadi penghalang untuk maju dan berusaha. Prinsip ini diyakini penyandang cacat di Panti Rehabilitasi Yakkum Yogyakarta. Mereka memiliki modal untuk berwirausaha setelah mengikuti aneka macam pelatihan yang diadakan. "Untuk pemberdayaan ekonomi kita mulai dengan kursus ketrampilan," ucap Direktur Pusat Rehabilitasi Yakkum Maria Widagdo di Yogyakarta, belum lama ini.

Para penyandang cacat itu pun mampu mandiri dan juga hidup dengan layak tanpa harus menunggu bantuan. "Mereka itu sebenarnya sama dengan yang normal," kata tim Advisor Yakkum Craft Ahmad Zaini. Hasilnya cukup mencengangkan. Berbagai hasil karya seperti jigsaw puzzle, mainan anak, bingkai, serta boneka terpajang rapi di Yakkum Craft Jalan Kaliurang, Yogyakarta.

Yakkum didirikan pada 16 November 1982. "Visi misinya untuk memberdayakan penyandang cacat fisik," jelas Maria. Ahmad menambahkan, pertama kali berdiri usaha dijalankan lebih banyak untuk ekspor. "Sekarang karena seperti ini kita sudah tidak ekspor lagi sudah di dalam negeri saja," tutur Ahmad.

Ekspor kala itu dikirim ke di antaranya ke Inggris, Australia, dan Amerika Serikat. "Yang paling sering ke Inggris kirim kuda," ujar Ahmad. Saksikan liputan selengkapnya dalam video Cabe Rawit edisi 20 Juli 2009.(AIS)

Yakkum Craft
Telepon: 0812.2772.7857
Alamat: Jl. Kaliurang KM 13,5 Yogjakarta

    0 Comments

      Popular Videos

      Popular Photos