Sukses

Masjid Bangladesh Ditembaki, 1 Jemaah Salat Isya Tewas

Insiden penembakan pada Kamis, 26 November 2015 waktu setempat itu terjadi sehari setelah polisi membunuh seorang pemimpin militan, Al Bani.

Liputan6.com, Dhaka - Sekelompok pria bersenjata menembaki sebuah masjid Syiah di Bangladesh utara, menewaskan sedikitnya 1 orang dan melukai 3 lainnya.

"Para penyerang menembaki jemaah di masjid di Distrik Bogra saat salat Isya," kata polisi seperti dikutip dari BBC, Jumat (27/11/2015).

Insiden penembakan itu terjadi 1 bulan setelah serangan granat di sebuah kuil Syiah di ibu kota Dhaka menewaskan 1 orang dan melukai 80 lainnya.

Insiden penembakan pada Kamis, 26 November 2015 waktu setempat itu terjadi sehari setelah polisi membunuh seorang pemimpin militan bernama Al Bani. Pria itu disebut sebagai tersangka utama serangan granat pada 24 Oktober.

Polisi mengatakan Al Bani yang memimpin sayap militer Jamaat-ul-Mujahideen (JMB) meninggal dalam baku tembak.

Bangladesh didominasi bangsa muslim Sunni, tetapi serangan terhadap muslim Syiah sangat langka. Negeri itu juga mengalami peningkatan serangan terhadap orang asing dan blogger.

Seorang pekerja bantuan Italia dilaporkan tewas pada September 2015 dan warga Jepang pada Oktober. Kedua serangan itu diklaim oleh ISIS. Namun pemerintah menyalahkan militan lokal.

Pekan lalu kelompok bersenjata melukai pendeta Italia di barat laut Distrik Dinajpur. Namun belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab dalam serangan itu.

Sepanjang tahun ini ekstrimis telah melakukan serangkaian serangan terhadap 4 blogger ternama, salah satunya warga negara AS. (Tnt/Bob)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini