Sukses

Cegah Karhutla, Jokowi Instruksikan Lagi Pembangunan Kanal Gambut

Jokowi mengakui sulitnya menangani kebakaran lahan gambut di hutan-hutan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menginstruksikan pembangunan kanal lahan gambut di seluruh hutan Indonesia agar terus dilanjutkan.

Pembangunan kanal gambut dianggap paling solusi paling realistis dalam mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) gambut di Indonesia.

"Tahun depan harus fokus, terutama pada lahan gambut," kata Kepala Penerangan Kodam Mulawarman Kolonel Andi Gunawan menirukan perkataan Jokowi di Balikpapan, Kalimantan Timur pada Kamis 26 November lalu.

Andi menyebutkan, Jokowi mengakui sulitnya menangani kebakaran lahan gambut di hutan-hutan Indonesia. Segala upaya seperti water bombing hanya sia-sia dan malah menambah tebal kabut asap di wilayahnya.

Sebelumnya Jokowi memimpin penanaman kembali lokasi bekas kebakaran di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Mandiangin Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Dia memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon di lokasi bekas kebakaran wilayah Kalsel bersama Iriana, dan Menteri Lingkungan Hidup Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya dalam sambutannya menyampaikan setidaknya ada 701,2 dari 113 ribu hektare area lahan Tahura Mandiangin yang ludes terbakar. (Ndy/Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini