Sukses

Seluruh Penerbangan Rusia Dilarang Lintasi Ukraina

Selain itu, pemerintah Ukraina juga melarang ekspor gas Rusia ke negaranya.

Liputan6.com, Crimea - Ukraina melarang semua pesawat Rusia dari wilayah udaranya. Larangan itu muncul tak lama setelah pasokan listrik dari Ukraina ke wilayah semenanjung Crimea terputus.

Larangan berlaku untuk wilayah udara pesawat militer serta perusahaan penerbangan sipil Rusia.

"Pemerintah Ukraina telah memutuskan untuk melarang semua penerbangan transit bagi semua maskapai Rusia di wilayah udara Ukraina," kata Perdana Menteri Ukraina Arseniy Yatsenyuk melalui televisi negara seperti dikutip dari BBC, Kamis (26/11/2015).

"Pemerintah menginstruksikan (otoritas penerbangan) Ukraerorukh sejalan dengan norma-norma hukum internasional, untuk menginformasikan Federasi Rusia bahwa maskapai penerbangan dan pesawatnya tidak memiliki hak untuk menggunakan wilayah udara Ukraina lagi," imbuh Yatsenyuk.

Selain itu, pemerintah Ukraina juga melarang ekspor gas Rusia ke Ukraina. Tak ada lagi pasokan dari perusahaan raksasa yang dikendalikan negara, Gazprom.

Gazprom mengatakan telah menghentikan pengiriman gas ke Ukraina, karena penggunaannya mereka yang membayar. Tapi Ukraina mengatakan telah berhenti membeli dari Gazprom, karena bisa mendapatkan dengan harga lebih murah dari Eropa. (Tnt/Rie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.