Sukses

Ini Pertimbangan Ahok Pecat Pejabat Pekan Ini

Ahok mengungkapkan, kemungkinan pada Jumat akan banyak penggantian pejabat eselon II dan III.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dibuat kerja keras memeriksa anggaran setiap dinas. Hal ini pula yang menjadi faktor pertimbangan Ahok untuk mengganti pajabat dalam waktu dekat.

"Kita evaluasi dari APBD mereka," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (25/11/2015).

Selain memeriksa anggaran, Ahok perlahan memanggil para PNS untuk menggantikan beberapa pejabat. Paling tidak pada Jumat 27 November 2015 mendatang, akan diadakan pelantikan pejabat baru.

"Kita akan panggil, kita lagi tes juga minggu ini, mungkin Jumat banyak penggantian. Ada eselon II, ada eselon III," ucap Ahok.

Soal penggantian ini, sudah disampaikan sebelumya oleh mantan Bupati Belitung Timur itu. Namun ia belum mau mengungkapkan kepala dinas mana saja yang akan diganti, sebagai buntut dari penyusunan APBD DKI 2016 itu. Yang pasti, tegas Ahok, bila terlihat tidak benar langsung distafkan.

"Enggak tahu. Banyak nanti kamu lihat saja. Pokoknya yang sudah kelihatan enggak benar-benar, mau kita stafin aja sudah," ujar Ahok Selasa kemarin.

Sejak Rabu 18 November 2015, Ahok terus menyisir anggaran di berbagai SKPD. Sejauh ini anggaran yang telah disisir adalah rancangan anggaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Dinas Pendidikan DKI, Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI, Dinas Tata Air, Dinas Kebersihan DKI, dan Dinas Bina Marga.

Selain itu, Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI, Dinas Perindustrian dan Energi DKI, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, dan Dinas Kesehatan juga diperiksa.

Kemudian juga Dinas Komunikasi, Informasi, dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI dan Dinas Perhubungan serta Transportasi DKI. Hari ini, Ahok menyisir anggaran Dinas Pelayanan Pajak DKI. (Ali/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.