Sukses

Gelorakan Revolusi Mental, PDIP Gelar Teater 'Bangun Majapahit'

Pagelaran ini akan dimeriahkan sejumlah artis.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP akan menggelar pementasan teater bertemakan 'Bangun Majapahit'. Perhelatan tersebut rencananya berlangsung pada 26 November 2015 di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, ajang ini sebagai sarana untuk menggelorakan kembali revolusi mental yang digerakkan Presiden Sukarno. Gerakan ini sebagai penggemblengan mental untuk menjadi manusia baru yang berhati putih serta berkemauan keras untuk berubah.

Bila menilik ke belakang, lanjut Hasto, sosok manusia berhati putih yang dimaksudkan Bung Karno dapat ditemukan pada figur-figur masa lalu, di masa kejayaan kemaharajaan Majapahit.

"Berangkat dari sejarah tersebut, DPP PDIP berpandangan bahwa kisah ini perlu ditampilkan ke hadapan publik dalam sebuah lakon yang dikemas dalam bentuk pagelaran dengan judul 'Bangun Majapahit'," papar Hasto di Jakarta, Selasa (24/11/2015).

Ketua Panitia‎ Tuti Roosdiono‎ membahkan, pagelaran ini akan dimeriahkan sejumlah artis. Seperti Christine Hakim, Butet Kartaredjasa, Titiek Puspa, Bambang Pamungkas, Kirun, Marwoto, Yati Pesek, Mi'ing, dan para Seniman Wayang Bharata serta pimpinan Kenthus 'Teguh' Ampiranto.

"Pagelaran ini diharapkan dapat menjadi media pendidikan, budaya dan sejarah bangsa, dalam rangka pembangunan Nation and Character Building, untuk mewujudkan Revolusi Mental, yang akan menciptakan manusia Indonesia yang baru, yang berhati putih," ujar Tuti.

Acara ini direncanakan dihadiri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri Kabinet Kerja, budayawan dan tokoh nasional. (Ali/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini