Sukses

Bertemu Jokowi, PM Jepang Sebut RI Kunci Kemakmuran Kawasan

PM Shinzo Abe berharap Jepang dan Indonesia dapat bekerja sama dengan erat di berbagai sektor.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - ‎Presiden Joko Widodo bertemu Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-27 ASEAN di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Malaysia, Minggu (22/11/2015).

"Senang sekali bertemu PM Shinzo Abe setelah pertemuan di Jepang pada bulan April dan kemarin minggu yang lalu di Turki," ucap Jokowi.

Dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com dari Tim Komunikasi Presiden, Ari Dwipayana, Minggu (22/11/2015), kedua kepala negara sepakat meningkatkan kerja sama yang dapat mengeratkan hubungan kedua negara.

‎

PM Abe mengakui bahwa hubungan kedua negara sangat baik dan Indonesia merupakan mitra strategis bagi Jepang. Ia pun berharap kedua negara dapat bekerja sama dengan erat di berbagai sektor.

"Khususnya mengenai infrastruktur, saya berpikir bahwa pembangunan di Indonesia penting bagi kemakmuran kawasan," ujar PM Abe.

Selain itu, kedua kepala negara juga membahas kerja sama di bidang politik dan pertahanan. Untuk itu Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan kedua negara akan bertemu di Jepang pada Desember mendatang.

"Pertemuan itu akan memberikan kontribusi penguatan kerja sama politik dan pertahanan kedua negara," papar Jokowi.

Mengenai Laut China Selatan, Jokowi dan Abe juga bertukar pikiran tentang perkembangan situasi. "Pentingnya stabiltas dan keamanan kawasan dan hukum internasional juga harus dihormati‎ di kawasan itu," ujar Jokowi. (Ans/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini