Sukses

Gempa Beruntun Diprediksi Guncang Ternate dan Halmahera

Pengamat gempa bumi mengimbau masyarakat Ternate maupun Halbar tidak terlalu panik karena lindu itu berkekuatan tak lebih dari 7 SR.

Liputan6.com, Ternate - Pengamat Gempa Bumi Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Maluku Utara (Malut), Lutfi Pari mengungkapkan, Ternate akan diguncang gempa secara beruntun selama beberapa hari ini. Gempa juga akan melanda Halmahera Barat (Halbar).

"Meski berskala rendah, 2-3 Skala Richter (SR), gempa ini termasuk jenis gempa tektonik dengan kekuatan goyangan ke atas ke bawah disertai suara dentuman keras sehingga cukup membuat panik warga," kata Lutfi di Ternate, Minggu (22/11/2015) seperti yang dilansir Antaranews.

Menurut dia, gempa tak hanya berhenti sampai di situ. Berdasarkan hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, gempa tektonik kategori suam atau beruntun ini akan mengguncang wilayah Malut khususnya di Ternate dan Halbar selama 2 bulan ke depan.

Faktor penyebab terjadinya gempa bumi ini karena adanya aktivitas magma dalam perut bumi. Sementara, adanya tektonik di sekitar Laut Halmahera Barat dipicu oleh aktivitas gunung berapi di sekitar Jailolo.


Peningkatan magma diperkirakan masih terus berlangsung. "Jadi kemungkinan bisa sampai sebulan atau dua bulan lebih untuk gempa-gempa tipe ini," jelas Lutfi.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat Ternate maupun Halbar tidak terlalu panik.

Sebab, gempa yang diprediksi akan terjadi itu tidak berpotensi tsunami. Gempa juga berkekuatan tidak lebih dari 7 SR dengan magnitude maksimal 7 SR. (Bob/Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.