Sukses

Inilah Dua Bidang yang Jadi Fokus Jokowi di KTT ASEAN-India

Keamanan maritim menjadi salahsatu fokus isu utama di forum internasional tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo menyampaikan penghargaan atas komitmen India kepada ASEAN melalui Act-East Policy pada KTT ke-13 ASEAN-India yang dilaksanakan di Convention Hall 1 Kuala Lumpur Convention Center.

Dalam kesempatan ini, Presiden menyampaikan observasi terhadap dua isu atau sektor utama yang harus dijalankan. Pertama, India merupakan mitra kerjasama maritim.

“Kerjasama ASEAN-India di bidang maritim akan berikan kontribusi terhadap keamanan kawasan,” tegas Presiden di lokasi acara KTT, Sabtu, 21/11/2015.

Presiden Jokowi juga mengharapkan dukungan India atas rancangan East Asia Summit (EAS) Statement on Enhancing Regional Maritim Cooperation yang diprakarsai Indonesia, untuk disepakati pada KTT ke-10 Asia Timur.

Selain itu, sebagai Ketua IORA 2015-2017, Jokowi mengharapkan segera memastikan bahwa kerja sama maritim termasuk soal keamanan maritim.

Isu kedua yang diobservasi Indonesia adalah terkait peningkatan kerja sama ekonomi. Dalam hal ini, Presiden menegaskan pentingnya keterlibatan UMKM.

“Kerja sama di bidang IT dan pengembangan obat-obatan disarankan untuk diarusutamakan. sekaligus juga target perdagangan USD 200 milyar diupayakan terpenuhi tahun 2020," tandas Jokowi. (Dms)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini