Sukses

Ahok: Bekasi Minta Bantuan Rp 1 Triliun Juga Kita Kasih

Ahok akan memberikan dana bantuan dalam jumlah besar kepada kota-kota penyangga Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok akan memberikan dana bantuan dalam jumlah besar kepada kota-kota penyangga Ibu Kota, sekali pun nilainya fantastis seperti yang diminta Kota Bekasi, Jawa Barat, yakni Rp 1 triliun.

"Enggak masalah selama masih bisa dan hitungannya masuk akal. Memang saya tawarin dari dulu, kok," ujar Ahok di Balai Kota Jakarta, Jumat (20/11/2015).

Berbagai bantuan sosial yang diberikan Pemprov DKI Jakarta kepada wilayah penyangga tentu bukan tanpa mekanisme dan syarat. Daerah-daerah tersebut harus menggunakan uang itu untuk bidang tertentu.

"Selama untuk pengembangan sungai, untuk jalan, kenapa enggak yang ada hubungannya dengan kita. Tangerang saja saya kasih Rp 400 miliar, kok," ucap Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu memastikan dana bantuan besar untuk Bekasi tidak ada urusannya dengan masalah sampah. Sebab, pengelolaan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang sudah diputuskan swakelola oleh Dinas Kebersihan.

"Bekasi kan enggak dapat uang tipping fee lagi, kan. Itu kan sudah mau tutup di situ, kan. Ini adalah bagian yang saya katakan, Jakarta itu jangan dilihat Jakarta-nya, harus dilihat secara total sama pinggirannya, nih. Tapi bukan kekuasaannya, melainkan tanggung jawabnya, karena dana mereka terbatas," pungkas Ahok. (Ndy/Mut)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini