Sukses

Menteri Australia Temui Mendikbud Anies Bahas Mutu Pendidikan

Menteri Anies menyebutkan, Australia adalah sahabat dekat RI.

Liputan6.com, Jakarta - Hubungan bilateral RI-Australia semakin menguat. Usai Perdana Menteri Malclom Turnbull melakukan kunjungan kenegaraan pekan lalu, kini Menteri Pariwisata dan Pendidikan Internasional Australia Richard Colbek menginjakkan kakinya di Jakarta.

Di Ibukota, Colbeck bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Sejumlah isu penting pun dibahas kedua menteri ini. Hal yang dibahas adalah soal dukungan Australia dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Peningkatan kualitas pendidikan tersebut lewat penguatan kualitas pembelajaran, peningkatan mutu guru, dan tenaga pendidikan serta penguatan kurikulum dan penilaian pendidikan. Pembahasan-pembahasan itu merupakan rencana strategis Kemendikbud selama 2015-2019.

Kedatangan Colbeck disambut baik Menteri Anies. Mantan peserta konvensi calon presiden Partai Demokrat itu menyebutkan, Australia adalah sahabat dekat RI.

"Kami membicarakan hal-hal menyangkut kerja sama Indonesia dan Australia," kata Anies di kantor Kemendikbud, Jakarta, Rabu (17/11/2015).

"Kita tadi menggaris bawahi bahwa Indonesia dan Australia sekadar sahabat, tapi kita adalah 2 tetangga yang akan terus menjadi tetangga. Karenanya, kita berkeinginan agar kerja sama dalam kegiatan bersama di bidang pendidikan dan turisme," sambung dia.

Australia merupakan mitra utama RI dalam bidang pendidikan. Jalinan kemitraan ini bahkan tertuang dalam MoU pendidikan RI-Australia 2014 lalu, yang ditandatangani di Laos. (Rmn/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini