Sukses

Banjir Rendam Cibuluh Bogor Hingga 2 Meter

Banjir di Bogor menyebabkan ratusan rumah terendam dan 8 rumah rusak akibat longsor.

Liputan6.com, Jakarta Hujan yang turun di wilayah Bogor selama 3 jam mengakibatkan banjir di beberapa area. Berdasarkan pemantauan Liputan6.com, kondisi terparah terjadi di Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara.

Ratusan rumah terendam air bah setinggi 2 meter akibat meluapnya 2 aliran kali, yakni Kali Cibuluh dan Kali Ciheuleut.

"Diperkirakan ada 400-500 rumah warga terendam yang terjadi di beberapa titik di Kota Bogor. Banjir paling parah terjadi di Cibuluh. Ada 6 RW terendam," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Ganjar Gunawan, Senin (16/11/2015).

Banjir juga terjadi di beberapa wilayah lain, seperti Kelurahan Bantar Jati dan Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, serta Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat. Tim SAR yang berasal dari BPBD, PMI, dan unsur TNI/Polri diterjunkan sejak tadi malam untuk mengevakuasi para korban menggunakan perahu karet.

"Malam itu juga Muspida meninjau ke lokasi. Dan dari hasil tinjauan di lapangan, khususnya banjir di Cibuluh, akan dilakukan pengerukan dua aliran kali," kata dia.

Selain banjir, kata dia, Bogor juga dilanda bencana longsor. Informasi terbaru menyatakan 8 rumah rusak akibat tertimbun longsor. Dari 8 rumah, 3 rumah rusak terjadi di Kecamatan Bogor Selatan dan 2 rumah rusak tertimbun longsor di Kecamatan Bogor Utara, 1 rumah di Kecamatan Bogor Timur, dan 1 rumah Kecamatan Bogor Tengah. (Din/Mut)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Banjir Bogor