Sukses

Setnov: Tak Ada Pimpinan DPR Catut Nama Jokowi Soal Freeport

Menteri ESDM melaporkan seorang anggota DPR ke Majelis Kehormatan DPR.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Setya Novanto menegaskan, tidak ada satupun pimpinan Dewan yang terlibat dalam pencatutan nama Presiden Joko Widodo soal kontrak karya PT Freeport Indonesia.

"Clear kita (pimpinan DPR) tidak pernah membawa nama Presiden. Selalu kita bicarakan bersama," kata Setya Novanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (16/11/2015).

Politisi Partai Golkar ini menegaskan, secara pribadi dia juga membantah pernah melakukan pertemuan dengan pimpinan PT Freeport Indonesia untuk membahas negosiasi perpanjangan Freeport di Papua.


"Ya yang jelas saya selaku Pimpinan DPR tidak pernah kita membawa nama Presiden dan mencatut nama Presiden. Saya lakukan pembicaraan dengan Presiden tentu hal yang benar untuk kepentingan bangsa dan negara," ujar dia.

Hari ini Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said melaporkan seorang anggota DPR ke Majelis Kehormatan Dewan Perwakilan Rakyat (MKD). Anggota dewan itu diduga menjanjikan kelancaran proses perpanjangan operasi PT Freeport Indonesia dengan imbalan saham.

‎Sudirman mengatakan, dia telah melaporkan nama, waktu, tempat kejadian, dan pokok pembicaraan yang dilakukan salah satu angota DPR dengan pimpinan PT Freeport Indonesia.

"Pertemuan tadi bermaksud agar MKD dapat menindaklanjuti dengan proses institutional dan konstitusional," kata Sudirman, usai bertemu dengan MKD di Gedung Nusantara II DPR, Jakarta. (Nil/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.