Sukses

Obama Berjanji Meningkatkan Upaya untuk Melenyapkan ISIS

Obama tidak memberi rincian apa yang mungkin akan dilakukan Amerika atau mitra koalisinya untuk meningkatkan serangan terhadap ISIS.

Liputan6.com, Antalya - Presiden Amerika Serikat Barack Obama berjanji meningkatkan usahanya untuk melenyapkan ISIS dan mengakhiri perang saudara Suriah yang telah mengakibatkan kebangkitan kelompok militan itu.

Sementara para pemimpin dunia berusaha memberikan gagasan yang konkret mengenai cara meningkatkan perlawanan setelah teror membabi-buta yang mengerikan dari kelompok ekstrimis itu di Kota Paris, Prancis pada Jumat malam lalu.

Dalam pembukaan pembicaraan 2 hari di pertemuan puncak utama di Turki, Obama menjanjikan solidaritas kepada Prancis dalam usaha memburu pelaku teror itu dan menyeret mereka ke pengadilan.

"Langit telah digelapkan oleh serangan di Paris," ujar dia seperti dikutip ABCNews, Minggu (15/11/2015).

Namun, dia tidak memberi rincian apa yang mungkin akan dilakukan Amerika atau mitra koalisinya untuk meningkatkan serangan terhadap ISIS.

"Pembunuhan orang yang tidak bersalah, yang didasarkan pada ideologi yang tidak waras, adalah serangan bukan hanya terhadap Prancis, bukan hanya terhadap Turki, tetapi serangan terhadap dunia beradab," kata Obama setelah bertemu dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Di samping serangan mematikan di Kota Paris, ISIS juga dituduh melakukan 2 pemboman maut di Turki tahun ini. (Ado/Nda)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.