Sukses

KSAL: HUT ke-70, Marinir Masih Pakai Alutsista Tahun 60

TNI AL hingga saat ini masih menggunakan alutsista tahun 1960-an.

Liputan6.com, Jakarta - Korps Marinir TNI AL merayakan hari lahirnya yang ke-70,di Markas Korps Marinir Cilandak, Jakarta dengan upacara dan berbagai atraksi menarik.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, dalam usia ke-70 para prajurit TNI AL harus semakin profesional. Selain itu, alat utama sistem pertahanan (alutsista) TNI AL juga mesti mendapat perhatian khusus.

"Usia 70 bukan lagi muda, harus semakin dewasa semakin matang dan memenuhi kebutuhan TNI Angkatan Laut dan sisi pemenuhan kekuatan marinir akan sejalan dari usia alutsista," kata Agus di Markas Marinir Cilandak, Jakarta, Minggu (15/11/2015).

Agus mengatakan, TNI AL hingga saat ini masih menggunakan alutsista tahun 1960-an. Namun sedang proses peremajaan alutsista.‎ Dia menambahkan, selain penguatan di bidang sumber daya manusia (SDM), prajurit Marinir TNI AL juga harus dibarengi kualitas alutsista yang memadai.

"Bahwa Marinir saat ini masih mengunakan alutsista tahun 60-an, dan karena itu kita berharap diadakan peremajaan dan dimasukan dalam MEF dan diharapkan 2024 bisa kembali full 100 persen," tutur dia.

Ade yang memimpin langsung upacara peringatan hari ulang tahun ke-70 Korps Marinir TNI AL ini menuturkan,‎ acara itu digelar secara berbeda yakni dengan menggelar demonstrasi beberapa kesatuan khusus TNI AL.

‎"Upacara kali ini dilakukan secara berbeda, agar kita tahu secara organik kesatuan Marinir itu apa saja dan tiap-tiap fungsi satuan ini apa saja, meskipun hanya baru sedikit‎. Alhamdulillah walaupun tadi mewakili bukan satuan utuh, tapi bisa menginspirasi bagi siapapun," tandas Ade. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini