Sukses

Kapolri Bangga Mochammad Jasin Dikukuhkan Jadi Pahlawan Nasional

Tanpa peran Jasin, kemerdekaan RI akan sulit dipertahankan.

Liputan6.com, Jakarta - Pada acara HUT ke-70 Korps Brigadir Mobil (Brimob) Polri, dilakukan pengukuhan gelar pahlawan nasional kepada Komjen Purnawirawan Mochammad Jasin.

Pemberian gelar tersebut sesuai Keppres No 116/TK/Tahun 2015 tanggal 4 November 2015. Dia merupakan tokoh dari polisi yang pertama diangkat menjadi pahlawan.

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti senang dan bangga atas pengukuhan itu. Sebab almarhum M Jasin merupakan putra terbaik bangsa yang ikut mempertahankan kemerdekaan RI. Namanya dikenal sebagai sebuah nama jalan di Depok, Jawa Barat.

"Momentum HUT Brimob memang selalu lekat dengan semangat Hari Pahlawan. Hal itu bukan tanpa sebab, di mana saat mempertahankan kemerdekaan Indonesia, kesatuan polisi istimewa yang dipimpin Komjen Pol M Jasin. Dia pun kini diangkat menjadi pahlawan nasional. Itu bentuk penghargaan beliau sebagai putra terbaik bangsa. Inilah bukti nyata," ujar Badrodin di Cikeas, Bogor, Sabtu (14/11/2015).

Menurut Badrodin, hal ini bukanlah berlebihan. Tanpa peran Jasin, kemerdekaan RI akan sulit dipertahankan.

"Kesatuan polisi istimewa memang banyak memainkan peran. Ini tidak berlebihan (diberi gelar pahlawan nasional). Tanpa peran Jasin, tidak ada pilihan untuk mempertahankan kemerdekaan," tutur Badrodin

Karena itu, lanjut dia, sosok Jasin harus menjadi sosok yang perlu diteladani dan harus menjadi sumber inspirasi, bukan hanya bagi korps Brimob Polri, tetapi semua anggota Kepolisian.

"Sosok Jasin ini harus bisa dijadikan teladan dan sumber inspirasi semua korps," pungkas Badrodin.

Brimob Polri menggelar HUT ke-70 di lapangan Cikeas, Bogor. HUT kali ini mengambil tema 'melalui peningkatan profesionalisme Korps Brimob Polri Siap Mengamankan Pilkada 2015'.

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai komandan upacara adalah Wakasat Brimob Polda Metro Jaya AKBP Mulia Nugraha. Sedangkan bertindak sebagai inspektur upacara adalah Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Dalam kesempatan, Badrodin mengenakan seragam berwarna hitam dan baret berwarna biru, khas Brimob.

Usai melakukan penghormatan dan masuk ke dalam lapangan upacara, Badrodin pun melakukan devile menggunakan sebuah jeep, sebagai tanda atau simbol untuk mengecek kelengkapan pasukan yang berbaris rapi. (Ali/Mvi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.